Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

5 Hektar, Bupati Muba Alokasikan Lahan Untuk Lapas Narkotika

Jumat, 17 Agustus 2018 | 8:52 pm
Reporter: Winda Camelia
Posted by: lintas peristiwa
Dibaca: 293

Suasana pemberian remisi kepada warga binaan dalam rangka HUT RI di halaman Lapas II B Sekayu. Jumat (17/08/2018)

Kepala Lapas II Sekayu Herman Sawiran sampaikan laporan pemberian remisi kepada warga binaan dalam rangka HUT RI di halaman Lapas II B Sekayu. Jumat (17/08/2018)

Muba Sumsel LintasPe-

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) mengalami Over kapasitas. Kondisi ini tentu sangat menyedihkan, karena Lapas tersebut dihuni narapidana dan tahanan sebanyak 908 orang .

Lapas Kelas II B Sekayu ini telah berupaya semaksimal mungkin melaksanakan apa yang menjadi tugas dan fungsinya dalam membina, melayani serta melakukan pengawasan terhadap warga binaan Pemasyarakatan ini. Namun, dengan keterbatasan yang ada pihaknya tidak dapat melakukan kegiatan dan pembinaan secara maksimal.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Muba bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Muba tahun ini telah membebaskan lahan 5 Hektar (Ha) yang dikhususkan untuk Lapas Narkotika.

“Tanggung jawab Kepala Lapas II B Sekayu juga menjadi tanggung Jawab Bupati Muba, selalu saya tanyakan bagaimana fasilitas pembinaan Lapas II B sekayu, fasilitas air bersih dan kesehatannya. Jika memang perlu urgent untuk kami tindak lanjuti, tolong di beritahukan kepada saya untuk di tindaklanjuti agar bisa berfungsi dan berperan secara maksimal”, ucap Bupati Muba H Dodi Reza Alex Noerdin dalam sambutannya pada acara pemberian remisi umum kepada warga binaan di halaman Lapas II B Sekayu. Jumat (17/08/2018).

Disampaikannya bahwa pihaknya telah membuat kebijakan – kebijakan penting untuk meminimalisir peredaran narkoba sampai ke desa desa seperti Perda larangan pesta malam sudah disahkan. “Kita akan memberikan pembinaan kepada warga binaan narkoba agar tidak kembali lagi untuk menjadi pemakai narkoba, untuk itu lah harus dibuat lapas khusus narkoba yang dikhususkan untuk pembinaan warga binaan narkoba, sejatinya lapas narkoba mempunyai peran dan fasilitas khusus, yang diharapkan untuk selalu dan taat pada hukum dan menjauhi narkoba”, harapnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Lapas II B Sekayu Herman Sawiran Bc. Ip., SH., MH mengucapkan terima kasih kepada atas perhatian Pemerintah Daerah Kabupaten Musi Banyuasin yang sudah mengalokasikan lahan dikhususkan buat Lapas narkotika, namun hal ini perlu nanti di koordinasikan ke wilayah dan pusat.

“Kondisi sekarang, warga binaan di Lapas ini sudah mengalami over kapasitas melebihi 200%, dengan kondisi seperti itu sangat sulit untuk kami melakukan pembinaan secara maksimal”, ujarnya.

Dengan dibangunnya Lapas Narkotika, lanjutnya. Diharapkan lapas ini akan berkurang, isinya pun akan terbagi. “Jadi yang umum di sini, sedangkan narkoba nanti di tempat baru. Dengan adanya pembangunan Lapas narkotika, akan ada penanganan khusus juga untuk masalah narkotika. Dimana akan disediakan dokter khusus, psikolog, dan tenaga medis lain yang memang khusus menangani pecandu maupun pemakaian yang memang kategori untuk direhab”, terang Kepala Lapas. (WindaC)

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.