Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Baitul Mal Aceh Timur Laksanakan Sosialisasi ZIS

Kamis, 15 Maret 2018 | 12:39 pm
Reporter: Muhammad Thaib
Posted by: Darul Kutni
Dibaca: 620

Suasana seminar sehari "Peran Pers di Desa" digedung Dharma Wanita. Kamis (15/03/2018)

Kegiatan Sosialisasi ZIS oleh Baitul Mal Aceh Timur, di Aula Sekretariat Baitul Mal Aceh Timur. Kamis (15/03/2018).

Aceh Timur LintasPe-

Bertempat di Aula Kantor Baitul Mal, Badan Baitul Mal Kabupaten Aceh Timur melakukan serangkaian kegiatan sosialisasi Zakat, Infaq dan Shadaqah (ZIS) kepada setiap elemen dan lembaga serta pimpinan lembaga terkait di wilayah Aceh Timur.  Kamis (15/03/2018) pukul 09.00 Wib.

Badan Baitul Mal bertugas mengumpulkan dan menyimpan harta umat dari pendapatan pengumpulan setiap yang membayar ZIS guna disalurkan kepada pihak umat yang layak untuk dibantu.

Zakat, Infaq dan Sedekah adalah sebuah bentuk perwujudan dari suatu aktivitas kedermawan yang diajarkan oleh Agama Islam (Filantropi Islam) yang bermakna Cinta atau kasih kepada sesama manusia, yang juga upaya menolong sesama, kegiatan berderma atau kebiasaan beramal dilakukan dengan ikhlas atas hartanya yang disisihkan dan sumber daya yang dimiliki guna disumbangkan kepada orang lain yang memerlukan.

Berdasarkan pantauan awak media Lintasperistiwa.com, sosialisasi yang dilaksanakan oleh Badan Baitul Mal dengan mengambil tema, “Mari kita Aplikasikan Kegiatan Berzakat, Infaq dan Sedekah untuk Pembangunan Prekonomian Rakyat Aceh Timur”, turut hadir pada acara tersebut, Asisten II Setdakab Aceh Timur, Usman A. Rachman, SH. MM, Ketua Baitul Mal Aceh Timur, Tgk. Hasanuddin, Ketua MPU Aceh Timur, Tgk H. Muhammad Nur (Abu Keunire), dari MPD Aceh Timur diwakili. Nurdin Jalil, SE, serta para tamu undangan.

Dalam arahan Asisten II Sekda Kab. Aceh Timur, Usman A. Rachman membuka secara resmi sosialisasi dan juga sebagai pemateri sosialisasi menyampaikan bahwa berdasarkan Perspektif Hukum yang di atur dalam Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang pengelolaan Zakat dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomoe 14 Tahun 2014 tentang pelaksanaan UU Nomor 23 tahun 2011. Maka dibentuk Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) yang berkedudukan di Ibu Kota Negara, serta BAZNAS Provinsi, BAZNAS Kabupaten/ Kota, merupakan lembaga pemerintah non structural yang bersifat mandiri dan bertanggung jawab dibawah kordinasi Kemenag.

Untuk Kabupaten Aceh Timur melaksanakan berdasarkan Peraturan Bupati Aceh Timur Nomor 6 Tahun 2012. “Zakat juga wajub didistribusikan kepada mustahik sesuai dengan syariat Islam, pendistribusian dilakukan berdasarkan skala prioritas dengan memperhatikan prinsip pemerataan, keadilan, dan kewilayahan. Zakat dapat didayagunakan untuk usaha produktif dalam rangka penanganan fakir miskin dan peningkatan kualitas umat apabila kebutuhan dasar mustahik telah terpenuhi”, ujar Usman.

Diacara yang sama, pemateri lainnya, H. Akly Zikrullah, S.Ag, M.H. dari Kantor Kemenag Aceh Timur, dengan mengambil bahan materi yakni berjudul membangun Kesadaran Pegawai Negeri dan Masyarakat untuk Berzakat, Berinfaq dan Bersedekah, dengan berharap atas kesadaran untuk saling membantu melakukan perbuatan amal dengan berzakat, berinfaq dan sedeqah.

“Sebab setiap individu yang bekerja mendapat penghasilan sudah seharusnya memiliki kesadaran tinggi untuk dapat menafkahkan sebagian hartanya untuk yang lain, sekurang – kurangnya apabila kesadaran ini muncul bisa mengurangi tingkat kemiskinan dan pengangguran yang semakin meningkat ditengah – tengah masyarakat, sejalan dengan perintah Allah kepada kita umat muslim agar selalu membantu sesama”, terangnya.

Intinya ZIS, sambungnya. Merupakan sumber keuangan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan umat Islam, ZIS inilah yang menjadi sumber keuangan ketiaka Rasulullah SAW Hijrah dari Mekkah ke Madinah yang kemudian Mendirikan Negara Islam pertama.

“nah pada masa Era Modern saat ini, ZIS sangat diperlukan bagi umat Islam khususnya dalam mengentaskan kemiskinan dan pengangguran yang merupakan utama umat Islam saat ini”, tambahnya. (M.Thaib)

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.
error: Woi.. Enggak Boleh Copas !!