Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Bappeda Aceh Timur Laksanakan Musrembang RKPK Tahun 2019

Selasa, 20 Maret 2018 | 1:07 pm
Reporter: Muhammad Thaib
Posted by: Darul Kutni
Dibaca: 953

Bupati Aceh Timur, H. Hasballah Bin H. M. Thaib saat menyampaikan sambutan dan arahan pada Musrembang RKPK Tahun Anggaran 2019. Kemarin (19/03/2018)

Peserta Musrembang RKPK (Rencana Kerja Pembangunan Kabupaten) Aceh Timur Tahun 2019. Kemarin (19/03/2018)

 

Aceh Timur LintasPe- 

Pemerintah Kabupaten Aceh Timur melalui Badan Perencaaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Aceh Timur menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Kabupaten (RKPK) Aceh Timur Tahun 2019.

Musrenbang yang di gelar di gedung aula Serbaguna Pendopo Idi ini merujuk tema “Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi Perencanaan Kita Wujudkan Aceh Timur Yang Makmur dengan Intergrasi Perencanaan Pembangunan Daerah Berbasis Kawasan”. Kemarin (19/03/2018)

Adapun peserta musrembang RKPK adalah anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPRk) Kabupaten Aceh Timur, Kepala Badan, Dinas, Kantor dan kepala Bagian Sekretaris Daerah, Instasi terkait, para camat, perwakilan keuchik, Tuha Peut dan tokoh-tokoh masyarakat dalam wilayah kecamatan Idi Rayeuk.

Dalam laporan Kepala Bappeda Aceh Timur Dr. Maimun, SE. Ak, M.Si mengatakan bahwa pembahasan usulan program dan rencana kegiatan dari hasil musrenbang Kecamatan yang telah dilaksanakan di tiap-tiap Kecamatan diserasikan dan dipadukan dengan rencana program dan kegiatan dari Dinas, Badan, Kantor dan Bagian Setdakab dalam Pemerintahan Aceh Timur melalui pembahasan dan diskusi sehingga nantinya menghasilkan skala prioritas pembangunan tahun anggaran 2019.

“Tujuan dan manfaat musrenbang ini diantaranya mewujudkan pembangunan daerah yang aspiratif, partisipatif dan demokratis dengan perencanaan yang terintergrasi lintas sektor dan aktor. Kemudian manfaat nya sebagai bahan penyusunan rencana kerja anggara (KUA) dan prioritas dan platfon anggaran sementara )PPAS) dalam penyusunan APBK Tahun anggaran 2019,” ungkap Dr. MAimun.

Sementara itu, Bupati Aceh Timur, H. Hasballah Bin H. M. Thaib dalam sambutan dan arahanya menjelaskan bahwa Musrenbang adalah hasil penilaian paling penting terhadap usulan program yang prioritas dari masyarakat, karena apa yang dihasilkan merupakan kebutuhan masyarakat yang sebenarnya.

Dalam hal ini pemerintah telah menetapkan kegiatan musrenbang sebagai sarana untuk melibatkan masyarakat secara aktif dalam perencanaan pembangunan di daerah. “Rencana kerja pemerintah (RKP) tahun 2019 yang bertemakan Pemerataan Pembangunan Untuk Pertumbuhan Berkualitasbserta memperioritaskan program pemerintah pada tahun 2019,” terang Bupati Aceh Timur H. Hasballah.

Melalui forum ini, pihaknya mengintruksikan kepada semua kepala organisasi perangkat daerah (OPD) dalam pemerintah Aceh Timur, untuk dapat memperioritaskan usulan program atau kegiatan serta pokok-pokok pikiran DPRK Aceh Timur sebagai konsolidasi atau penguatan program dan kegiatan prioritas hasil musrenbang Gampong.

“Musrenbang Kecamatan Tahun 2018 ke dalam usulan Renja OPD tahun anggaran 2019, melalui berbagai sumber pendanaan baik yang bersumber dari pendanaan APBK, APBA maupun APBN,” demikian pungkas H. Hasballah Bupati Aceh Timur. (M.Thaib / Humas Pemkab Atim).

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.