Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Pentingnya UKS di Setiap Sekolah, Disdikbud Atim Buat Pelatihan Pengelola UKS

Selasa, 17 September 2019 | 8:36 pm
Reporter: Muhammad Thaib
Posted by: Darul Kutni
Dibaca: 467
Kegiatan Pelatihan Pengelola UKS SMP / MTsN, SD / MI ATim di Aula SMA Negeri Peureulak,

Kegiatan Pelatihan Pengelola UKS SMP / MTsN, SD / MI ATim di Aula SMA Negeri Peureulak, Selasa (17/09/2019)

Kegiatan Pelatihan Pengelola UKS SMP / MTsN, SD / MI ATim di Aula SMA Negeri Peureulak,
Kegiatan Pelatihan Pengelola UKS SMP / MTsN, SD / MI ATim di Aula SMA Negeri Peureulak, Selasa (17/09/2019)

 

Aceh Timur LintasPe-

Pemahaman akan pentingnya pola hidup bersih dan sehat harus dilakukan sejak dini, ketika anak-anak masuk di bangku sekolah. Untuk itulah peran Unit Kesehatan Sekolah (UKS) sangat dibutuhkan untuk membentuk perilaku hidup sehat anak-anak sedari dini.

Hal ini disampaikan oleh Sekda Kabupaten Aceh Timur, M. Ikhsan Ahyat, S.STP. M.AP saat pembuka kegiatan pelatihan bagi pengelola UKS untuk Tingkat Sekolah Menegah Pertama (SMP) / Madrasah Tsanawiyah  (MTs) serta Sekolah Dasar (SD) / Madrasah Ibtidayah (MI) se-kabupaten Aceh Timur yang berlangsung selama Empat hari. Di Aula SMA Negeri Peureulak, Selasa (17/09/2019).

Menurut Sekda Aceh Timur, dalam proses tumbuh kembangnya, anak-anak harus mendapatkan stimulasi yang benar,salah-satunya diperoleh melalui sekolah.

“persentase penduduk Indonesia 28% nya adalah anak-anak. Mereka ini adalah investasi bangsa, Sekolah memiliki peran penting dalam memberikan stimulasi dan menjaga mereka dari gangguan yang bisa menghambat tumbuh kembangnya.” Ujar M. Ikhsan, dihadapan para peserta.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Timur, Saiful Basri, S.Pd, M.Pd. dalam sambutanya sekaligus laporan kegiatan yang dilaksanakan pihaknya selaku panitia Kegiatan pelatihan bagi pengelola UKS yang dilaksanakan dihadiri 150 peserta dengan jumlah sekolah SMP / MTsN sebanyak 72 sekolah dan SD / MI sebanyak 78 sekolah di wilayah Aceh Timur, dan kegiatan dilaksanakan selama empat hari dari Tanggal 17 Sep s/d 20 Sep 2019.

Saiful Basri juga mencontohkan, bahwa Unit Kesehatan Sekolah yang kini kembali digalakkan, diharapkan menjadi sarana untuk membiasakan anak-anak sekolah memahami pentingnya menjaga kesehatan dimulai dari diri sendiri.

“Anak usia sekolah merupakan usia rawan terhadap masalah kesehatan, hal ini bisa berpengaruh pada pencapaian prestasi, Ini mengapa UKS harus lebih giat lagi menanamkan pentingnya menjaga kesehatan sejak dini.” Imbuhnya.

Kegiatan pelatihan bagi pengelola UKS yang dilaksanakan, dihadiri 150 peserta dengan jumlah sekolah SMP/MTsN 72 sekolah dan SD/ MI sebanyak 78 sekolah di wilayah Aceh Timur, selain itu turut juga hadir Kabid, kepala sekolah, Majelis Pendidikan Aceh (MPA) Kabupaten Aceh Timur, Staf Disdikbud, dan UPTD. (Muhammad Thaib)

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.
error: Woi.. Enggak Boleh Copas !!