Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Puluhan Personel Gabungan Tinjau Lokasi Karhutla

Selasa, 6 Agustus 2019 | 8:31 pm
Reporter: Red.rill.penerangankodim0101
Posted by: Lintas Peristiwa1
Dibaca: 136
Suasana saat peninjauan lokasi Karhutla di pegunungan perbatasan wilayah Kec. Kuta Malaka dengan Kec. Suka Makmur,

Suasana saat peninjauan lokasi Karhutla di pegunungan perbatasan wilayah Kec. Kuta Malaka dengan Kec. Suka Makmur, Selasa (06/08/19).

 Komandan Koramil 02/Suka Makmur Mayor Inf Nursasih memimpin langsung peninjauan Karthutla. 
 Komandan Koramil 02/Suka Makmur Mayor Inf Nursasih memimpin langsung peninjauan Karthutla. Selasa (06/08/19)

 

Aceh Besar LintasPe –

Puluhan personel gabungan diterjunkan untuk melaksanakan peninjauan lokasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di pegunungan perbatasan antara wilayah Kecamatan Kuta Malaka (Kec.) dan Kecamatan Suka Makmur , Selasa (06/08/19).

Personel gabungan ini terdiri dari personel Koramil 02/Suka Makmur, Koramil 23/Kuta Malaka, Yonif Raider 112/Darma Jaya, Polsek Kuta Malaka dan Masyarakat setempat. Peninjauan tersebut dipimpin Komandan Koramil 02/Suka Makmur Mayor Inf Nursasih.

Mayor Inf Nursasih mengatakan, bahwa lahan yang ditinjau ini mengalami kebakaran pada Senin (05/08/19) malam tadi. Dugaan sementara ini, kebakaran dipicu akibat aktivitas pembukaan lahan untuk pertanian atau perkebunan.

“Kita ingin memastikan apa penyebab sebenarnya hingga terjadi kebakaran hutan di daerah tersebut,” kata nya.

Disitu Ia juga berpesan kepada masyarakat agar tidak sembarangan membuka lahan apalagi dengan cara membakar, walau bagaimanapun alasannya baik untuk pertanian maupun perkebunan.

“Tidak ada alasan buka lahan dengan di bakar, walaupun untuk pertanian ataupun perkebunan. Apalagi kondisi saat ini sedang kemarau dan angin kencang,” ujar Mayor Inf Nursasih yang juga merangkap sebagai Pgs. Pasi Ops Kodim 0101/BS itu.

Selain dapat merugikan orang lain, karena menimbulkan asap yang bisa mengganggu kesehatan, membuka lahan dengan cara membakar merupakan tindak melanggar hukum yang dapat dijerat pasal pidana.

“Karhutla tidak saja buat kerugian bagi orang lain tapi juga terhadap diri sendiri, karena akan berdampak persoalan hukum. Maka dari itu, jangan sesekali buka lahan dengan cara dibakar,” pungkasnya.(Red.rill.penerangankodim0101)

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.