Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Shabela ; Pelantikan Mukim dan Reje akan Dilakukan Secara Adat

Rabu, 14 Maret 2018 | 2:52 pm
Reporter: Mahdi
Posted by: Darul Kutni
Dibaca: 532

Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar ketika melantik Thamrin Sidik sebagai Mukim Ratawali Kecamatan Kute Panang di Kampung Blang Balik. Rabu (14/03) 

Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar ketika melantik Thamrin Sidik sebagai Mukim Ratawali Kecamatan Kute Panang di Kampung Blang Balik. Rabu (14/03)
 
 
Takengon LintasPe-
 
Umumnya pelantikan Reje (Kepala Kampung) dan Mukim menggunakan Pakaian Dinas Upacara bewarna putih lengkap dengan atributnya. Namun, hal tersebut nanti tidak lagi dilakukan di Kabupaten Aceh Tengah. 
 
“Untuk pelantikan Mukim dan Reje seterusnya akan dilakukan secara adat,” ungkap Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar ketika melantik Thamrin Sidik sebagai Mukim Ratawali Kecamatan Kute Panang di Kampung Blang Balik. Rabu (14/03/2018)
 
Menurut Shabela, pihaknya akan meminta Majelis Adat Gayo (MAG) untuk merumuskan konsep pelantikan Mukim dan Reje. “Nanti di kaji apakah bisa diberikan bawar, lalu warna pakaiannya bagaimana, serta tata caranya kita minta MAG untuk merumuskannya”, kata Shabela. 
 
Sementara Camat Kute Panang, Arisa Putra menyebutkan Thamrin Sidik dipilih dengan suara mayoritas pada tanggal 15 Januari 2018 lalu. “Thamrin Sidik adalah Mukim pertama yang dilantik menggunakan pakaian adat Kerawang Gayo berwarna kuning”, ungkapnya. (Mahdi) 
 
Foto: 

 

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.