Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

SPKP Diharapkan Serahkan Arsif Inaktif Pada Dinas Perpustakaan Kearsipan Aceh Timur

Senin, 5 Maret 2018 | 1:38 pm
Reporter: Muhammad Thaib
Posted by: Darul Kutni
Dibaca: 833

Drs. Mohd. Mukhtar, M.AP. Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh Timur. Senin (05/03/2018)

Drs. Mohd. Mukhtar, M.AP. Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh Timur. Senin (05/03/2018)

 

Aceh Timur LintasPe-

Arsip Adalah hal terpenting dalam Satuan Unit Kerja Pemerintah manapun, untuk memfungsikan dinas perpustakaan dan arsip Kabupaten Aceh Timur tahun 2018, oleh karenanya pihak pengelola pada satuan kerja kantor arsip Kabupaten Aceh Timur dalam waktu dekat ini akan mengirimkan surat penting dalam Penarikan Arsip Inaktif di masing – masing SKPK di wilayah Aceh Timur berdasarkan surat Bupati Aceh Timur Nomor : 045/1153 Tanggal 08 Februari 2018.

Sehubungan dengan keluarnya surat peraturan Bupati Aceh Timur Nomor : 11 Tahun 2016 Tanggal 1 Maret 2016 Tentang wajib serah Arsip Inaktif Pemerintah  Kabupaten Aceh Timur, sesuai pasal 2 ayat 2a Arsip Inaktif Kabupaten yang berada pada semua Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) Aceh Timur agar diserahkan langsung ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Timur, guna untuk disimpan sebagai bahan bukti sejarah pertanggungjawaban pemerintah Kabupaten Aceh Timur.

Drs. Mohd. Mukhtar, M.AP, Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Aceh Timur, di Kantornya kepada awak media Lintas Peristiwa.com menjelaskan bahwa pihaknya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh Timur telah siap dalam hal melayani penyimpan berkas arsip Inaktif yang akan diserahkan pihak SKPK guna melaksanakan perintah Bupati Aceh Timur yang yang tertuang dalam Surat Peraturan Bupati Aceh Timur Nomor : 11 Tahun 2016 Tanggal 1 Maret 2016. Tentang wajib serahkan Arsip Inaktif bagi SKPK diwilayah Aceh Timur, dan segala persiapan administrasi proses tersebut telah rampung dan juga Depo Arsip sudah tersedia. Senin (05/03/2018)

“Bukan hanya arsip SKPK yang nantinya kita tamping, namun arsip – arsip Desa yang ada di wilayah Kabupaten Aceh Timur juga kita anjurkan menyimpan di Kantor Arsip yang telah ada, bahkan untuk masyarakat umum juga bisa menyimpan arsip penting, misalnya surat – surat tanah, atau dokumen lain yang dianggap penting untuk disimpan di kantor Kearsipan Aceh Timur”, ujarnya.

Dalam waktu dekat, sambungnya. Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Aceh Timur akan menyampaikan dan meyurati kepada semua SKPK, Pemerintahan Kecamatan, Pemerintahan Gampong (Desa) dan kepada masyarakat umumnya, untuk memberikan pemahaman pentingnya kenyamanan penyimpanan arsip, sehingga tidak menimbulkan problema kehilangan bila terjadi hal – hal yang tidak kita harapkan semisalnya kebaran atau lainya yang mengakibatkan hilangnya arsip atau dokumen penting.

“Kepada pihak Legeslatif, parlemen Aceh Timur yang membidangi Perpustakaan dan Kearsipan untuk dapat mendukung sepenuhnya terhadap kegiatan di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yang telah ada untuk dapat aktif dengan sempurnanya sehingga atas dukungan tersebut kantor Perpustakaan dan Kearsipan dapat berjalan dengan baik, begitu juga pihak SKPK, pemerintah Gampong dan masyarakat”, harapnya. (M.Thaib)

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.
error: Woi.. Enggak Boleh Copas !!