Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Air PDAM Tirta Randik diduga Tidak Bersih Dan Sehat di Konsumsi

Rabu, 12 September 2018 | 11:56 am
Reporter: Ahmad Jahri
Posted by: Ahmad Jahri
Dibaca: 600

Firdaus Direktur PDAM Tirta Randik saat di wawancarai awak media Rabu 12/09/2018.

Sampah menggenangi area inti PDAM Desa Air Putih Ulu (C1) 06/09/2018

Suasana mandi di tempat inti PDAM di Desa Air Putih Ulu Kamis, 06/09/2018.

 
MUBA SUMSEL, LintasPe-
 
Air bersih merupakan salah satu kebutuhan yang sangat sakral bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan kehidupan sehari-hari, sehingga Pemerintah memberikan pelayanan berupa Perusahaan Air Minum atau air bersih (PAM/PDAM) dengan harapan dapat melayani masyarakat dalam mendapatkan air bersih dan sehat.
 
Masyarakat sebagai konsumen mengeluhkan pelayanan dan Perawatan PDAM Tirta Randik salah satu Badan Usaha Milik  Daerah (BUMD) Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin dikarenakan kualitas air yang keruh dan banyaknya sampah berserakan sehingga diduga tidak memenuhi standar kesehatan untuk digunakan kebutuhan sehari-hari seperti mandi, mencuci apalagi dikonsumsi.
 
Dalam pantauan awak media, salah satu PDAM Tirta Randik tepatnya di Desa Air Putih Ulu (C1), Kecamatan Pelakat Tinggi Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan tidak adanya perhatian dan pantauan dari pihak Perusahaan maupun instansi terkait. Hingga terindikasi dijadikan tempat bermain sambil mandi serta buang air kecil oleh anak anak.
 
Menurut salah satu warga setempat yang tidak kami sebutkan namanya mengatakan bahwasannya yang membersihkan hanya masyarakat dan tidak pernah petugas dari pihak PDAM yang membersihkan lokasi tersebut.
 
“Setahu saya mas dari dulu tidak ada petugas yang membersihkan, hanya masyarakat yang membersihkan ya beginilah mas lihat sendiri kami konsumsi air yang kotor, keruh dan banyak sampah,” ujarnya 
 
Lebih lanjut, “Sudah banyak sampah di mana-mana tidak adanya perhatian dan perawatan dari pihak PDAM, ya dibuat mandi anak anak dan kencing dan kami minum pula airnya terus, tiap bulannya ya bayarlah mas , ” jelasnya sambil tertawa seakan akan merasa jijik. 
 
Tempat terpisah awak mediapun mendatangi H. Firdaus, Rabu 12/09/18 selaku Direktur PDAM Tirta Randik Kab. Musi Banyuasin. Mengatakan Bahwasannya wajib untuk memelihara dan menjaga kebersihan bagi seluruh karyawan PDAM terutama dari sampah yang berada di seputaran PDAM tersebut. 
 
“Kalau untuk mandi tidak apa-apa dan tidak ada masalah karena air yang kita sedot itu kita proses dan di kasih obat. Namun, untuk sampah itu wajib dibersihkan dan sayapun tidak membenarkan masalah ini dan saya akan panggil siapa yang bertugas diwilayah Air Putih Ulu (C1) tersebut, ” ujar Firdaus. 
 
Lebih lanjut, “Dan untuk untuk pemeliharaan kebersihan itu minimal sebulan sekali itu wajib dibersihkan dan itupun tentunya sudah ada anggarannya untuk kebersihan tersebut,” tandas Firdaus
 
Dalam UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK) dinyatakan, hak konsumen atas kenyamanan dan keselamatan dalam mengkonsumsi serta mempunyai hak atas informasi yang benar, jelas dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang /atau jasa. (Ahmad Jahri)

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.