Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Antusias Masyarakat Ikuti Pelatihan Pemanfaatan Toga dan Akupressur Dinkas Kab. Muba

Selasa, 16 Juli 2019 | 9:45 pm
Reporter: Sunandar
Posted by: redaksi
Dibaca: 374
Photo bersama Dinkes Kab.Muba beserta Stap Kesehatan Puskesmas dan Masyarakat di Puskesmas Mekar Jaya.

Photo bersama Dinkes Kab.Muba beserta Stap Kesehatan Puskesmas dan Masyarakat di Puskesmas Mekar Jaya. Selasa, (16/7/2019).

Suasana Pelatihan Toga dan Akupressur Pada pelayanan kesehatan Tradisional, di Puskesmas Mekar Jaya.

Suasana Pelatihan Toga dan Akupressur Pada pelayanan kesehatan Tradisional, di Puskesmas Mekar Jaya. Selasa, (16/7/2019).

 

MUBA lintas peristiwa

Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Banyuasin ( Kab. MUBA ) Provinsi Sumsel ( Prov. Sumsel. ) melalui Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Mekar Jaya, yang terletak di desa Sidorejo Kecamatan Keluang (Kec. Keluang), mengadakan pelatihan asuhan mandiri dan pemanfaatan Tanaman obat keluarga (TOGA) serta pemijatan yang dilakukan pada titik tertentu dipermukaan tubuh sesuai dengan titik–titik pada akupunktur/ AKUPRESSUR bagi para pelayan kesehatan tradisional, atau yang lebih akrab dipanggil dengan dukun pijat/urut di wilayah kerja puskesmas mekar jaya yang meliputi 6 desa binaan. Selasa, (16/7/2019).

Pelatihan tersebut bertujuan agar masyarakat dapat melakukan perawatan kesehatan secara mandiri (asuhan Mandiri) dengan memanfaatkan toga dan keterampilan. Pelatihan tersebut juga sebagai upaya untuk memelihara,dan meningkatkan status kesehatan, mencegah, mengatasi gangguan gangguan masalah kesehatan secara mandiri, keluarga, kelompok masyarakat dengan memanfaatkan Toga dan akupressur.

Kepala Puskesmas Mekar Jaya. M. TAHER, S.K.M, M.Kes saat membuka pelatihan menyampaikan bahwa pemanfaatan Toga dan akupresur ini sangatlah penting dan berguna bagi masyarakat.

“Pelatihan pemanfaatan Toga dan akupresur ini sangatlah penting dan berguna, maka dari itu saya berharap bagi para peserta pelatihan nantinya bisa mengimplementasikan di masyarakat atau keluarga,individu apa yang sudah didapat dari pelatihan ini“. Tutur Kapuskes mekar jaya TAHER, S.K.M, M.kes. juga menjelaskan bahwa, perlu tenaga ahli sebagai fasilitator untuk pembinaan pemanfaatan Toga dan akupresur.

“untuk dapat mengembangkan kemampuan masyarakat melaksanakan asuhan Mandiri kesehatan tradisional, perlu adanya tenaga kesehatan dari Puskesmas yang sudah terlatih sebagai Fasilitator untuk memberikan pembinaan atau pelatihan kepada pelayan kesehatan tradisional secara berkesinambungan melalui Orientasi asuhan Mandiri dengan pemanfaatan Toga serta akupresur“. Jelasnya

Sementara itu, IMELDA MARSALENA mewakili Dinas Kesehatan Kab. Muba menerangkan saat memberikan materi tentang toga dan akupresur, “betapa pentingnya tanaman-tanaman tradisional buat kesehatan kita”.

“Salah satu tanaman yang sangat berguna bagi ibu menyusui yaitu daun kelor, sebab daun kelor bisa meningkatkan 17 kali lipat jumlah kalsiumnya“. Terangnya.

Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa pihaknya akan menerbitkan surat ijin bagi pelayan kesehatan yang telah memenuhi standar kesehatan.

“Bagi para pelayan kesehatan tradisional yang sudah pandai meracik obat-obatan dari Toga, dan bisa melakukan Akupresur secara benar, maka pihak Dinkes akan memberikan izin praktek resmi Surat Terdaftar Pengobatan Tradisional (STPT), Kepada tenaga pelayanan kesehatan tradisional tersebut“. Pungkasnya.

Salah satu peserta pelatihan. Ibu. Leni warga Kelurahan keluang mengatakan pesaan senang karena bisa ikut dalam pelatihan.

“Saya senang ikut pelatihan ini, karena dengan pelatihan ini saya sebagai pelayan kesehatan tradisional/ tukang urut jadi lebih tenang, ini karena saya diakui oleh pihak Dinkes atau Puskesmas setempat dan pelatihan ini sangatlah bermanfaat buat saya dan peserta lainnya”. Ucap ibu.Leni.

Sesuai dengan peraturan pemerintah nomor 103 tahun 2014 pasal 70, dimana masyarakat diarahkan agar dapat melakukan perawatan kesehatan secara mandiri (Asuhan Mandiri) dengan pemanfaatan Taman toga dan keterampilan, maka dengan begitu akan tercipta suatu bangsa dan masyarakat yang Sehat.(Sunandar)

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.