Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Bangkitkan Literasi Lewat Penerbitan Majalah Sekolah

Rabu, 17 Oktober 2018 | 9:19 pm
Reporter: Winda Camelia
Posted by: lintas peristiwa
Dibaca: 126

Foto bersama usai kegiatan di SMP N 3 Lais. Rabu (17/10/2018)

Suasana Bimbingan Teknis Pembuatan Majalah Sekolah di SMP N 3 Lais. Rabu (17/10/2018)

Suasana kegiatan Workshop Tata Kelola Pengarsipan dan Persuratan di SMP N 3 Lais. Rabu (17/10/2018)

Muba Sumsel LintasPe-

SMP Negeri 3 Lais bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menyelenggarakan 2 kegiatan sekaligus yaitu Bimbingan Teknis Pembuatan Majalah Sekolah dengan Narasumber Duta Baca Muba, Rojaki, M.Pd., dan Kabid Layanan Perpustakaan, Zainal Abidin, S. IP, M. Si. Didampingi oleh Kabid Pengembangan Perpustakaan, Ibu Emi Marviana, SE, M. Si serta pustakawan, Reffinra Irwantoni, S. SIP peserta bimtek ini peserta didik SMPN 3 Lais.

Diruang terpisah juga diselenggarakan kegiatan Workshop Tata Kelola Pengarsipan dan Persuratan, dengan Narasumber Kabid Pembinaan Kearsipan, Herawaty, S. Kom, M. Si dan Arsiparis, Djum Hermawati, S. Ag dengan peserta berjumlah 60 orang Tenaga Administrasi Sekolah dari beberapa sekolah di Kec. Lais, Kec. Babat Supat dan Kec. Sungai Keruh.

Perlu diketahui bahwa SMPN 3 Lais adalah tahun pertama yang menyandang gelar sekolah rujukan nasional tingkat SMP tahun 2018, yang sebelumnya predikat ini diraih oleh SMPN 6 Unggul Sekayu pada tahun 2016 yang saat ini masuk di tahun ke tiga menyandang sekolah rujukan nasional di Kab. Musi Banyuasin.

Jadi Sekolah Rujukan nasional di Kab. Muba ada dua. SMPN 6 Unggul Sekayu dan SMPN 3 Lais. Tentunya ini merupakan sebuah capaian prestasi sekolah yang luar biasa menyandang sebagai sekolah rujukan nasional untuk berinovasi dan berkolaborasi dengan sekolah yang menyandang predikat sekolah rujukan.

Tidak hanya itu, biasanya sekolah rujukan siap memberi program pengimbasan pada sekolah sasar terkait program-program yg dilaksanakan.

Rasa senang pun terpancar ketika sang Duta Baca memberikan hadiah buku plus tanda tangan langsung di buku yang diberikan untuk siswa yang antusias dan teraktif, Septia Nabila dan Prima Weliksa yang saat ini menjabat sebagai ketua OSIS SMPN 3 Lais

Ditemui secara langsung Narasumber kegiatan ini Rojaki, M.Pd. dan Kabid Layanan Perpustakaan Bapak Zainal Abidin, S.IP. menyampaikan bahwa kegiatan ini tentunya mempunyai manfaat yg luar biasa.

“Majalah sekolah adalah media untuk menyampaikan infomasi kegiatan sekolah, melatih kecakapan dan bakat menulis siswa dan juga media promosi berbagai kegiatan sekolah kepada masyarakat luas”, ucapnya.

Sementara itu, Kepala SMPN 3 Lais, Ibu Mardiana, M.Pd. sangat menyambut Baik dengan hadir duta baca Kab Muba, Rojaki, M.Pd. selain mengajarkan bagaimana teknik membuat majalah sekolah juga siap menerbitkan Majalah sekolah dan menjalin kerjasama dengan Penerbit K MEDIA yang berada di kota Yogyakarta.

“Kegiatan Workshop Tata Kelola Pengarsipan dan Persuratan ini sangat penting diadakan karena sebagian besar peserta belum mengetahui pentingnya arsip, tertib arsip dan pengelolaan arsip sekolah bagi sekolah mereka masing-masing”, ujarnya.

Sambungnya, disamping mendapat pengetahuan tentang pengelolaan arsip di bahas juga tentang persuratan. Bagaimana cara membuat surat yang baik dan benar, serta menentukan kode klasifikasi yang tepat untuk setiap surat karena selama ini Tenaga Administrasi Sekolah hanya mengandalkan pengalaman dalam membuat dan mengurus surat-surat sekolah.

“Nampaknya siswa dan peserta workshop sangat antusias, hal ini dapat dilihat dari banyaknya pertanyaan yang mereka ajukan kepada narasumber”, imbuhnya.

Tidak hanya berhenti sampai di sini, secara lisan Kepala sekolah SMPN 3 Lais siap menggelar acara lanjutan yakni pemilihan duta baca sekolah dalam rangka menyambut Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November. (WindaC)

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.