Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

BAZNAS KAB. MUBA Laksanakan Pelatihan Teknis Ternak Kambing

Kamis, 24 Oktober 2019 | 1:04 pm
Reporter: Red.
Posted by: Lintas Peristiwa1
Dibaca: 678
Suasana saat praktek membuat pakan peternak. di Kantor camat Kec. Lais.

Suasana saat praktek membuat pakan peternak. di Kantor camat Kec. Lais. Rabu, (23/10/19)

Suasana saat Ketua Basnas Muba H Lukman Nulhakim, menyampaikan sambutan. di aula kantor Camat Kec. Lais.

Suasana saat Ketua Basnas Muba H Lukman Nulhakim, menyampaikan sambutan. di aula kantor Camat Kec. Lais. Rabu, (23/10/19)

Saat photo bersama selesai  Pelatihan Teknis Ternak. di Kantor camat Kec. Lais.

Saat photo bersama selesai  Pelatihan Teknis Ternak. di Kantor camat Kec. Lais. Rabu, (23/10/19)

Lais LintasPe –

Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Musi Banyuasin (Basnas Kab. Muba) laksanakan Pelatihan Teknis Ternak Kambing Bagi Kelompok-kelompok Peternak Kambing Penerima Bantuan Baznas Kab. Muba dari Seluruh Desa Se-Kecamatan Lais, di aula kantor Camat Kec. Lais. Rabu, (23/10/19)

Kegiatan berlangsung dengan hikmat, hadir dalam acara tersebut, Ketua Baznas Kabupaten Muba Drs. H. Lukmanul Hakim M.Si, Camat Lais, UPTD Pertanian Kec. Lais. Kapolsek Lais AKP Syafaruddin, SH, Dan Ramil Kec. Lais Kapten Inf Hermantyo didampingi Sertu Suwilan, Para Kepala Desa dan Perangkat Desa Se-Kecamatan Lais.

Ketua Baznas Kab. Muba Drs.H. Lukmanul hakim, M.Si didampingi Wakil Ketua I H.R. Saefullah, Wakil Ketua II Drs. H. Siswoto Dahlan, Wakil Ketua III H. Qotruddin, SE., M.Si, Wakil Ketua IV H. Zom Alwi, Staff Baznas Kab. Muba Novita Sari. S.E dan Yuli Yanti, SE.

Dalam Sambutannya Ketua Basnas Muba H Lukman Nulhakim, Menyampaikan bahwa Baznas Muba siap mengucurkan modal usaha untuk kelompok masyarakat berupa bibit ternak kambing.
“Hari ini kita lakukan pelatihan untuk yang pertamakalinya bagi kelompok peternak yang mendapatkan bantuan Baznas Kab. Muba, terima kasih kepada Camat Kecamatan Lais yang telah menginisiasi sehingga seluruh dusun dan desa dalam kecamatan lais kompak membentuk kelompok peternak kambing bersinergi dengan Kepala Desa”. Kata Lukman.

Masih kata H Lukman, “Bentuk sinerginya seluruh kepala desa menganggarkan untuk pembelian peralatan teknologi tepat guna untuk membuat pakan ternak kambing atau dikenal dengan teknologi Momosa melalui Dana Desa”.

“Kemudian dari Baznas membantu untuk pembelian bibit kambing, jadi kita sampaikan bantuannya berupa uang melalui rekening kelompok yang sudah dibuat masing-masing kelompok”.

Lukman juga menyampaikan, “Perlu kami sampaikan bahwa selain dari memberikan bantuan bibit kambing dan pelatihan, Baznas Kab. Muba juga memberikan bantuan untuk bedah rumah, bantuan modal usaha untuk menambah penghasilan masyarakat”.

“Target dari program penggemukan kambing ini ialah masyarakat miskin yang masih bersemangat untuk bekerja. Dan target awal dari program ini ialah 1 kelompok di tiap-tiap desa bisa melakukan pembelian awal 10 kambing terlebih dahulu”.

Baznas Kabupaten Musi Bamyuasin juga menyampaikan bahwa sesuai dengan arahan Pak Bupati, Pak Sekda dan koordinasi dengan Bapeda dan sejalan dengan program Pemerintah, mari kita bersama-sama dalam rangka menanggulangi kemiskinan, selanjutnya untuk itu salah satu program Baznas Kab. Muba yaitu adalah program yang namanya beda penghasilan.

“Nah, hari ini kita mulai dengan belajar dulu, belajar bagaimana beternak kambing dengan benar sesuai dengan kemajuan teknologi yang lebih mudah dan murah sesuai dengan pos dananya kemudian hasilnya lebih cepat dan lebih bagus”. Terang H Lukman.

Seperti diketahui, Kecamatan Lais menjadi Kecamatan pertama di Muba yang telah menggunakan teknologi momosa untuk mengembangkan pakan untuk hewan ternak seperti kambing, selain murah dan mudah dibuat sendiri, pakan ternak alternatif itu diklaim bisa bertahan berbulan-bulan sehingga peternak tidak perlu khawatir lagi kelangkaan pakan hijau dikala musim kemarau.

Dalam kesempatan ini juga Ketua Baznas Kabupaten Muba Drs H Lukmanul Hakim MSi mengatakan bahwa Baznas Muba siap mengucurkan modal usaha untuk  kelompok masyarakat di desa-desa di Kecamatan lainnya di Kab. Muba.

“Untuk kelompok ternak kambing dari masyarakat desa lainnya yang ada di kab. Muba, program penggemukan kambing ini dalam waktu dekat Insya Allah hari Sabtu besok tanggal 26 Oktober akan kita adakan pelatihan terlebih dahulu di Wisma Atlet. Ungkap Lukman.

Sebelumnya pada pertemuan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Richard Cahyadi AP dengan para Kades di Kantor Camat Lais, Rabu (16/10/2019), dalam sambutannya Richard mengatakan penyediaan kandang, pakan, dan hewan ternak bisa menggunakan dana desa, asal diawali dengan musyawarah desa terlebih dahulu.

“Nantinya kandang / aset tersebut harus dirawat dengan baik dan diawasi oleh Pemerintah Kecamatan, Kecamatan Lais menjadi Kecamatan percontohan dalam penerapan program penggemukkan Kambing ini. Program ini kita berdayakan bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan Lais dan Baznas untuk mengentaskan kemiskinan. Diharapkan juga kerjasama dari OPD-OPD seperti Bappeda dan Dinas Sosial untuk memperlancar program penggemukan kambing ini”. Tegas Richard.(red)

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.