Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

BPBD Antisipasi Karhutlah, Dinas Pertanian PALI Siapkan Alat Berat

Jumat, 9 Juli 2021 | 8:48 pm
Reporter: HENDRI IRDIANTO, SH
Posted by: Admin
Dibaca: 161
Kadin BPBD Kabupaten PALI Junaidi Anwar, SE. M.Si, di ruang kerjanya.

Kadin BPBD Kabupaten PALI Junaidi Anwar, SE. M.Si, di ruang kerjanya.

Kadin BPBD Kabupaten PALI Junaidi Anwar, SE. M.Si, di ruang kerjanya.
Kadin BPBD Kabupaten PALI Junaidi Anwar, SE. M.Si, di ruang kerjanya.

 

 

PALI, SUMSEL, INDONESIA, LINTASPERISTIWA.COM, -Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) tahun 2021 ini, diperkirakan oleh Badan Meterologi Klimatologi (BMKG) dilanda kemarau basah, hal tersebut dijelaskan oleh Kadin Badan penanggulangan Bencana Daerah Junaidi Anwar, SE. M.Si.

“Meskipun kemarau basah di tahun 2021 ini, BPBD tetap mewaspadai kemungkinan titik api guna mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutlah) di wilayah PALI,” jelas Junaidi Anwar, SE. M.Si, saat disambangi di ruang kerjanya (9/7/2021).

Menurut Junaidi Anwar, BPBD telah melakukan koordinasi dengan semua pihak untuk antisipasi Karhutlah.

“Kita terus melakukan patroli guna mewaspadai terjadinya Karhutlah, baik lewat darat dan udara. Dan apabila nantinya ditemukan titik api tidak bisa ditanggulangi, maka meminta bantuan ke Pemprov untuk melakukan Water Booming guna memadamkan titik api,” sambung Kadin BPBD Kab. PALI.

Ia menambahkan dari hasil rapat di Provinsi dalam waktu dekat di Kabupaten PALI, akan dipasang alat asap digital, yang berguna untuk mendeteksi titik api, agar cepat ditanggulangi.

“In Shaa Allah dalam waktu dekat pihak kepolisian akan membangun Asap Digital, dimana alat ini berguna jika terjadi karhutlah, dengan cepat menangkap titik api, dan mendeteksi siapa pelaku pembakarannya,” ungkap Junaidi Anwar, SE. M.Si.

Selain pihak kepolisian yang akan membangun Asap Digital, Pemprov. Sumsel sudah membuat aplikasi Songket. “Aplikasi ini berguna untuk melaporkan titik api,” tambah Junadi Anwar, SE. M.Si.

Selain itu Junaidi Anwar, SE. M.Si meminta kepada masyarakat, jangan membuat titik api yang dapat membuat Karhutlah. Dan apabila ingin membuka lahan jangan membakar secara sembarangan.

“Dan saat ini Pemkab. PALI melalui Dinas Pertanian menyiapkan alat berat, untuk membantu masyarakat yang ingin membuka lahan tanpa membakar,” tutup Kadin BPBD Kab. PALI Junaidi Anwar, SE. M.Si.

Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten PALI, Ahmad Jhoni, ST MM saat dihubungi awak media menyatakan bagi kelompok tani masyarakat) yang ingin membuka lahan, dinas Pertanian menyiapkan alat berat.

“Dengan catatan akses menuju lahan yang akan dibuka disiapkan dan biaya operasional ditanggung masyarakat yang akan membuka lahan,” jelas Ahmad Jhoni.

Ia menjelaskan pula untuk peminjaman alat berat tersebut dengan cara mengajukan proposal ke Dinas Pertanian. “Selain itu kelompok tani tersebut berkoordinasi dengan PPL dan perangkat pemerintahan setempat (Kades),” tutup Ahmad Jhoni, ST. MM.

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.
error: Woi.. Enggak Boleh Copas !!