Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Buang Sampah Sembarangan, Pemdes Talang Bulang Akan Tindak Tegas

Jumat, 29 Januari 2021 | 1:17 pm
Reporter: HENDRI IRDIANTO, SH
Posted by: Darul Kutni
Dibaca: 107
Tumpukan Sampah Yang Di Buang Orang Tidak Bertanggung jawab di Desa Talang Bulang

Tumpukan Sampah Yang Di Buang Orang Tidak Bertanggung jawab di Desa Talang Bulang.

Tumpukan Sampah Yang Di Buang Orang Tidak Bertanggung jawab di Desa Talang Bulang
Tumpukan Sampah Yang Di Buang Orang Tidak Bertanggung jawab di Desa Talang Bulang. Jum’at. (29/01/2021).

 

PALI, SUMSEL, LINTASPERISTIWA.COM, – Membuang sampah secara sembarangan akan merusak pemandangan, mendatangkan bau tak sedap bahkan berdampak pada kesehatan masyarakat dan dapat pula mendatangkan banjir.

Salah satunya pemandangan tak sedap berupa tumpukan sampah terlihat di jalan desa Talang Bulang Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

“Di pinggir jalan desa Talang Bulang ada tumpukan sampah, yang jelas menganganggu keindahan desa, serta bisa menyebabkan bau yang tidak sedap bahkan bisa menggangu kesehatan warga.” ujar Meri warga yang melintasi jalan tersebut.

Tumpukan sampah tersebut tidak tahu siapa yang membuangnya, karena disana bukan tempat pembuangan sampah dan di desa tersebut ada fasilitas untuk mengangkut sampah masyarakat.

“Ya memang benar di pinggir jalan di desa Talang Bulang tersebut ada tumpukan sampah, dan anehnya tidak tahu siapa yg membuangnya dan saya yakin itu bukan dari warga desa Talang Bulang karena di desa kami sendiri ada fasilitas pengangkut sampah sendiri untuk sampah rumah tangga masyarakat dan di buang ke TPS.” Ungkap Menriadi Kades Talang Bulang.

Di kesempatan ini pula sang Kades meminta masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan apalagi masyarakat dari luar desa yang membuang sampah di Desa Talang Bulang dan apabila di ketahui siapa yang membuang tumpukan sampah tersebut akan di tindak tegas.

“Bagi masyarakat luar Desa Talang Bulang kedepannya di harapkan menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat, khususnya di Desa Talang Bulang, marilah kita membiasakan diri untuk tidak membuang sampah. Apa sih susahnya membuang sampah pada tempatnya? Hanya mengantongi sampah saja, membawa ke tong sampah, itu mudah banget dan memberikan pengaruh efek kebaikan yang besar dan untuk pembuang tumpukan sampah tersebut apabila ketahuan akan kita tindak tegas.” ujar Kades Talang Bulang.

Pengendalian sampah yang paling sederhana dan efektif adalah dengan menumbuhkan kesadaran dari dalam diri sendiri untuk tidak merusak lingkungan dengan sampah. Mulailah tanamkan niat, bahwa, ‘’Aku harus membuang sampah pada tempatnya. Selain itu diperlukan juga kontrol sosial budaya masyarakat untuk lebih menghargai lingkungan. Peran Pemerintah dalam hal ini juga sangat diperlukan, dengan peraturan-peraturan dan sangsi-sangsi yang ada, diharapkan bisa meminimalkan kerusakan lingkungan bahkan mencegah penyebaran penyakit dan meminimalisir banjir.” tutupnya. Jum’at (29,01,2021)

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.
error: Woi.. Enggak Boleh Copas !!