Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Cleaning Service Muba Keluhkan Gaji, Ini Kata Perusahaan

Kamis, 29 Maret 2018 | 7:31 am
Reporter: Winda Camelia
Posted by: Darul Kutni
Dibaca: 1426

PT Naura Utama Contraco yang beralamatkan di Jalan H. Noer Kelurahan Soak Baru RT 04 RW 02 Kecamatan Sekayu Kabupaten Muba. Kamis (29/03/2018)

Muba LintasPe-

Cleaning Service (CS) dalam jajaran Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Pemkab Muba) mengeluhkan besaran gaji yang mereka terima. Pasalnya, gaji yang diterima tidak sama rata, padahal pekerjaan yang dikerjakan sama saja. Untuk helper gaji yang diterima sebesar 900 ribu, sedangkan tenaga inti sebesar 1 juta 800 ribu.

“Pekerjaan yang dikerjakan sama, namun gaji dibedakan. Kami berharap kepada pihak ketiga PT Naura Utama Contraco agar tidak tebang pilih dalam pemberian gaji dan untuk disama ratakan”, ujar salah seorang cleaning service yang enggan disebutkan namanya.

Menurutnya, gaji yang mereka terima dinilai tidak cukup untuk memenuhi makin besarnya tuntutan ekonomi keluarga. “Harapan kami gaji dikembalikan seperti semula dan juga jika cleaning servis sudah mencukupi tidak perlu untuk ditambah memasukkan keluarga atau titipan agar gaji yang kami terima tidak terbagi”, keluhnya.
 
Kepala Bagian Umum diwakili oleh Dody Eka Saputra saat dikonfirmasi awak media lintaspe diruang kerjanya mengatakan bahwa semua kebijakan ada di pihak ketiga, perusahaan yang bertanggung jawab atas cleaning servis. “Yang pasti kami di pemda ini terima outputnya bersih, untuk memperkerjakan itu terserah perusahaan”, ungkapnya.
 
Menanggapi hal itu, Komisaris PT Naura Utama Contraco, Andre Gozirat saat ditemui awak media lintaspe dikantornya mengatakan bahwa pihaknya hanya bertanggung jawab terhadap cleaning servis yang ada di Kantor Bupati Muba (Pemda), di rumah dinas Bupati, di rumah dinas Wakil Bupati, dan dirumah dinas Sekretaris Daerah (Sekda). Kamis (28/03/2018)
 
“Cleaning Servis kami hanya 38 orang yang terdiri dari 30 orang tenaga inti dan 8 orang helper atau tenaga pembantu. Mereka ditugaskan membersihkan ruangan seluas 430 meter persegi perorang. Iya, memang benar gaji untuk tenaga inti sebesar 1 juta 800 ribu sedangkan tenaga pembantu hanya 900 ribu, bekerja dari hari Senin-Jumat, namun ada uang lembur jika ada kegiatan pemerintah yang lain selain hari itu”, jelasnya.
 
Tenaga inti itu, sambungnya. Sudah dikasih enak dengan adanya tenaga pembantu pekerjaannya pun terbantu, dimana tenaga pembantu bekerja paruh waktu dari pukul 08. 00 wib – 09.00 wib, lalu kembali kerja pukul 02.00 wib hingga selesai, gaji nya pun dibayar dengan uang diluar kontrak. Sedangkan Tenaga inti bertugas pukul 06.30 wib – 05.00 wib.
 
“Cleaning servis sudah menandatangani kontrak, dimana didalam fakta integritas harus sanggup menaati segala peraturan yang berlaku di perusahaan, tidak akan menuntut untuk diangkat menjadi karyawan tetap, tidak menuntut kenaikan upah terhadap perusahaan dan jika tidak mensetujui keputusan kontrak siap untuk diberhentikan”, tambahnya.
 
Dijelaskannya juga bahwa pihaknya tidak membedakan antara tenaga inti dengan tenaga pembantu, mereka dinilai dari kinerjanya.
 
“Kami mempunyai supervisor untuk mengawasi kerja mereka, tenaga pembantu bisa kami naikkan ke tenaga inti jika kinerja nya bagus, namun untuk saat ini kami tidak bisa menaikkan tenaga pembantu menjadi tenaga inti karena tenaga inti sudah mencukupi tetapi jika ada yang berhenti kami baru bisa menaikkannya menjadi tenaga inti”, pungkasnya. (WindaC)
 
 

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.
error: Woi.. Enggak Boleh Copas !!