Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

DPRD Kab. Bangka Belajar ke Muba Demi Tingkatkan Realisasi PAD

Rabu, 23 September 2020 | 10:05 pm
Reporter: red
Posted by: Darul Kutni
Dibaca: 147
Suasana kunjungan BPPRD Kab. Bangka Belitung ke Kantor BPPRD Kab. Muba. Selasa (22/9/20).

Suasana kunjungan BPPRD Kab. Bangka Belitung ke Kantor BPPRD Kab. Muba. Selasa (22/9/20).

Suasana kunjungan BPPRD Kab. Bangka Belitung ke Kantor BPPRD Kab. Muba. Selasa (22/9/20).

Suasana kunjungan BPPRD Kab. Bangka Belitung ke Kantor BPPRD Kab. Muba. Selasa (22/9/20).

 

LINTASPERISTIWA.COM,
MUBA, SUMSEL, –

Dengan capaian realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang terus meningkat setiap tahunnya pada Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kabupaten Musi Banyuasin mendapatkan sorotan. Kali ini Komisi II DPRD Kabupaten Bangka Provinsi Bangka Belitung melakukan kunjungan kerja dalam rangka belajar mengenai pajak daerah khususnya Pajak Bui dan Bangunan (PBB) dan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) di Kabupaten Muba.

Kepala BPPRD Kabupaten Muba H Riki Junaidi AP MSi didampingi Sekretaris BPPRD, Ardiansyah SE MM mengatakan pihaknya menyambut baik atas kunjungan kerja Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Bangka dengan tetap menerapkan prokes.

“Mereka kesini dalam rangka melakukan study banding tentang pengelolaan pendapatan asli daerah di BPPRD Kabupaten Muba, pada saat diskusi dan tanya jawab banyak Hal-Hal yang dilakukan di Kabupaten Muba yang akan mereka tiru, dan akan diterapkan ditempat asal. Khususnya dalam memberikan pelayanan publik pajak dan rertibusi daerah sehingga dapat mengoptimalkan PAD,”kata Riki, Selasa (22/9/20).

Lanjutnya, Kabupaten Muba memang beruntung karena kaya akan SDA, sehingga besar untuk Dana Bagi Hasil dari pusat. Namun walaupun demikian, BPPRD tetap berusaha dan komitmen setiap tahun PAD harus naik, karena tidak bisa selamanya bergantung hasil DBH dari pusat tersebut.

“Untuk itu dalam mengoptimalkan PAD, kami menerapka beberapa strategi dalam peningkatan penerimaan daerah. Ini sudah yang ke 13 kalinya BPPRD Muba dijadikan tempat belajar oleh kabupaten-kota yang ada di Sumsel maupun luar Sumsel,”ungkapnya.

Selain dari itu strategi yang telah dijalankan yaitu Pelayanan Pajak Daerah Keliling (PAPA DARLING) dan Sosialisasi Menuju Masyarakat Sadar Pajak (MAMA SAPA). Selanjutnya meningkatkan Kapasitas SDM Pengelola Pajak, Penerapan IT dalam pengelolaan dan pelayanan perpajakan, Penyempurnaan sistem dan prosedur pajak dan retribusi daerah, Penyampaian SPT lebih awal, penambahan WP baru dan validasi data WP.

“Karena kinerja kita sebagai perangkat daerah pengelola pajak dan retribusi, dapat diukur dengan Pencapaian realisasi dari target yang ditetapkan. Oleh karena itu kami juga menyediakan Dashboard Realisasi secara real time Penerimaan pajak di website BPPRD. Untuk Inovasi yang sedang dikembangkan saat ini yaitu E-RETRIBUSI, E-POTENSI, E-DATA dan SMS Gateway,”jelasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Bangka, Imelda, mengungkapkan kunker Komisi II Kabupaten Bangka ini dalam rangka melihat pengelolaan dan pencapaian realisasi PBB dan BPHTB Kabupaten Muba tahun 2020. Disamping itu kami takjub melihat Kabupaten Muba yang berkomiten dalam meningkatkan PAD setiap tahunnya.

“Kami tidak salah memilih kabupaten muba sebagai tempat kami study banding. Jadi hari ini kita belajar bagaimana hal serupa yang akan diterapkan di Kabupaten Bangka,”ungkapnya.

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.
error: Woi.. Enggak Boleh Copas !!