Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Format Baru Kartu Keluarga, Disdukcapil Muba Adakan Sosialisasi

Kamis, 20 September 2018 | 2:28 pm
Reporter: Winda Camelia
Posted by: lintas peristiwa
Dibaca: 251

Foto bersama usai penyematan kartu tanda peserta sosialisasi Permendagri 118 Tahun 2017 di aula wisma atlet sekayu. Kamis (20/09/2018).

Asisten I H Rusli SP MM menyematkan kartu tanda peserta sosialisasi Permendagri 118 Tahun 2017 di aula wisma atlet sekayu. Kamis (20/09/2018).

Suasana peserta sedang mengikuti sosialisasi Permendagri 118 Tahun 2017 di aula wisma atlet sekayu. Kamis (20/09/2018).

 
Muba Sekayu LintasPe-
 
Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Pemkab Muba melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) melakulan sosialisasi Permendagri Nomor 118 Tahun 2017 tentang Blanko kartu keluarga, Register dan Kutipan akta kelahiran. Kamis (20/09/2018).
 
Acara berlangsung dengan khidmat di Aula Wisma Atlet Sekayu, yang di ikuti oleh 75 peserta dari unsur perangkat daerah, unsur Kecamatan, Kelurahan, Komisi I DPRD Muba, KPU Muba, Bhayangkari, PKK, Bank Mandiri, BNI, BRI, BCA dan Bank “, dengan narasumber dari Direktorat Jendral Kependudukan dan Catatan Sipil Indersan.
 
Dalam laporan Kepala Disdukcapil Hj Asmarani S.Sos M.Si menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi Permendagri ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pemangku kepentingan akan pentingnya data kependudukan yang akurat, pengenalan kartu keluarga dengan format baru disesuaikan dengan sistem informasi adminstrasi kependudukan (SIAK) kepada masyarakat dan terciptanya konsolidasi antar sektor untuk memanfaatkan data kependudukan yang terintegrasi untuk kepentingan pembangunan pemerintahan.
 
“Hal ini dilakukan agar masyarakat Kabupaten Muba khususnya di pelosok desa lebih paham pada pemahaman betapa pentingnya administrasi kependudukan. Apabila masyarakat sudah terdaftar administrasi kependudukan, semua akan berguna untuk seluruh instansi”, ujarnya saat diwawancarai awak media lintaspe usai acara sosialisasi.
 
Sementara itu, Bupati Muba diwakili Asisten bidang pemerintah dan kesejahteraan rakyat H. Rusli SP MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa sosialisasi Pemendagri ini sejati nya tidak membicarai format baru Kartu Keluarga dan penggunaan blanko kosong untuk akta, tapi berinflikasi luas pada perubahan sistem dan tata cara untuk melakukan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil. 
 
“Permendagri ini menjawab sebagian dalam administrasi pendudukan. Ini sangat penting, karena didalam Permendagri ini banyak hal yang baru dan perbaikan perbaikan didalam administrasi kependudukan”, jelas Rusli.
 
Dalam hal ini, lanjutnya. Direktorat Jendral Kependudukan dan Catatan Sipil menginginkan peran yang lebih besar lagi dipusat maupun di daerah, selama ini salah satu peran tersebut sudah diwujudkan melalui percepatan akta kelahiran 0-18 tahun.
 
“Oleh karena itu, dengan adanya sosialisasi diharapkan dapat menyatukan dan menyamakan presepsi dalam penyusunan secara teknis SIAK agar lebih mudah di aplikasikan oleh para petugas pelayanan di Muba, tentunya tugas pelayanan ini ada ditingkat kelurahan, tingkat desa dan kecamatan, dan kabupaten”, harapnya.
 
Dengan implementasi permendagri ini dapat mengevaluasi kinerja layanan di tahun yang lalu, sehingga dapat menjadikan masukan dalam menghadapi perubahan jaman dan menyingkapi berbagai dinamika ditahun politik yaitu pemilu 2019. 
 
“Saat data kependudukan secara nasional telah terdaftar, lebih dari seribu lembaga sehingga hampir semua layanan publik telah terintegrasi dengan data kependudukan, sebagai contoh data kependudukan yang telah dilakukan oleh BPJS ketenagakerjaan, dunia perbankin, penegakkan hukum bahkan registrasi sim card”, ungkapnya.
 
Menurutnya, hal ini tentu sudah sejalan dengan UU No. 24 tahun 2003, tentang perubahan atas UU No. 23 tahun 2006 tentang administrasi kependudukan khusus nya pasal 58 ayat 5, dimana data kependudukan dipergunakan untuk layanan publik, perencanaan pembangunan, alokasi anggaran atau dana, pembangunan demokrasi, penekan hukum dan pencegahan kriminal. (WindaC) 
 
 
 

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.