Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Hari Ini…. Ribuan Peserta Karnaval Budaya Di Kab. PALI Turun Ke Jalan.

Selasa, 27 Agustus 2019 | 8:16 pm
Reporter: Hendri Irdianto, SH
Posted by: Darul Kutni
Dibaca: 1037
Bupati Kab. PALI Ir. Heri Amalindo, MM saat menyaksikan acara Karnaval Budaya dan Berphoto Dengan Yolanda Salah Satu Peserta Dari TK. Bhayangkari,

Bupati Kab. PALI Ir. Heri Amalindo, MM saat menyaksikan acara Karnaval Budaya dan Berphoto Dengan Yolanda Salah Satu Peserta Dari TK. Bhayangkari, Selasa (27/08/2019)

Bupati Kab. PALI Ir. Heri Amalindo, MM saat menyaksikan acara Karnaval Budaya dan Berphoto Dengan Yolan Aprodhyta Sari Salah Satu Peserta Dari TK. Bhayangkari,
Bupati Kab. PALI Ir. Heri Amalindo, MM saat menyaksikan acara Karnaval Budaya dan Berphoto Dengan Yolan Aprodhyta Sari Salah Satu Peserta Dari TK. Bhayangkari, Selasa (27/08/2019)

 

Pali LintasPe –

Salah satu momen terpenting Bangsa Indonesia adalah hari kemerdekaan, dimana kemerdekaan tersebut di peroleh melalui perjalanan yang panjang dengan perjuangan para pahlawan bangsa ini yang menumpahkan keringat dan darah untuk merebut kemerdekaan dari para penjajah.

Bangsa yang besar, bangsa yang tidak melupakan jasa para pahlawannya, wajar saja jika seluruh masyarakat Indonesia khususnya di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (kab. Pali), selalu memperingati kemerdekaan bangsa Indonesia yang di peringati setiap 17 Agustus ini.

Banyak cara yang dilakukan oleh masyarakat untuk memperingati dan mengisi kemerdekaan dengan cara upacara pengibaran bendera merah putih, peringatan proklamasi, gerak jalan indah, karnaval budaya dan masih banyak lagi perlombaan tradisional ciri khas tujuh belas agustusan.

Tepat hari ini, Selasa, 27 Agustus 2019 ribuan masyarakat Kab. PALI tumpah ruah ke jalan guna mengikuti rangkaian acara 17 Agustus mengikuti kegiatan perlombaan karnaval budaya yang diadakan di pusat kota Kab. PALI tepatnya di Pendopo Kec. Talang Ubi, di ikuti 94 peserta, yaitu terdiri dari murid TK, SD, SMP dan SMA, serta 23 peserta dari umum, 31 kendaraan hias, dalam acara tersebut tampak Bupati Kab. PALI Ir. Heri Amalindo, MM dan sejumlah tamu undangan.

“Pada tahun ini diikuti 94 peserta dan 31 kendaraan hias. Peserta sendiri terdiri dari 23 peserta tingkat TK/PAUD, 31 peserta dari SD, 10 peserta dari SMP, 7 peserta dari SMA dan 23 dari umum,” jelas Kamriadi Plt Kepala Dinas Pendidikan melalui Sekretarisnya Haris Munandar.

Peserta Karnaval indah pada tahun ini lebih meriah, inovatif dan terdapat pesan Bhineka Tunggal Ika, sehingga masyarakat yang menyaksikan merasa terhibur dengan acara karnaval budaya ini.

“Karnaval budaya tahun ini saya rasa sangat meriah dan pesertanya juga menampilkan keaneka ragaman budaya di negeri ini, dan mengandung pesan Bhineka Tunggal Ika”, ungkap Jeri salah satu warga Kel. Talang Ubi Timur yang menyaksikan acara karnaval budaya ini.

Semenjak Kab. PALI memisahkan diri dari Kab. Muara Enim geliat memperingati hari HUT RI sangat terasa meriah dan Pemda Kab. PALI banyak melakukan serangkaian acara untuk hiburan masyarakat.

“Dulu sebelum pendopo menjadi kabupaten PALI acara karnaval budaya ini tidak semeriah seperti sekarang ini, dulu acara karnaval di laksanakan pada sore hari, tapi setelah menjadi kabupaten acara Karnaval Budaya di mulai pada pagi hari di karenakan peserta nya lebih banyak dan cukup menghibur masyarakat”, ungkap Usiawati Warga Kel. Pasar Bayangkara.

Sebagai generasi penerus bangsa hendaknya para pemuda dan pemudi Bangsa Indonesia harus aktif dan mendukung, serta berperan aktif dalam pembangunan untuk mengisi kemerdekaan yang telah di perjuangkan para Pahlawan bangsa ini.

“Selaku generasi muda bangsa ini khususnya Kab. PALI, saya sangat mendukung acara seperti ini dan bangga menjadi peserta Karnaval budaya ini, karena banyak pesan moral yang bisa di petik seperti ragam budaya yang di tampilkan para peserta, dengan memakai baju adat yang ada di Indonesia, dan selaku generasi muda hendaknya kita mengisi kemerdekaan ini dengan kegiatan positif dan turut serta memeriahkan HUT RI ke-74, tanpa narkoba”, ujar Ulan Sari salah satu peserta Karnaval Budaya dari SKPD Litbang Kab. PALI
(Hendri Irdianto, SH)

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.
error: Woi.. Enggak Boleh Copas !!