Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Ini Dia Nama – Nama Yang Mendapatkan Remisi Di Lapas Sekayu

Jumat, 17 Agustus 2018 | 5:14 pm
Reporter: Winda Camelia
Posted by: lintas peristiwa
Dibaca: 365

Bupati Muba H Dodi Reza Alex Noerdin pada saar memberikan remisi kepada 17 warga binaan pemasyarakatan di Halaman Lapas II B Sekayu. Jumat (17/08/2018)

Sebanyak 17 warga binaan pemasyarakatan yang mendapatkan remisi langsung bebas dihalaman Lapas II B Sekayu. Jumat (17/08/2018)

Muba LintasPe-

Sebanyak 484 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) II B Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) mendapatkan pengurangan masa hukuman atau remisi dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Ke – 73. Sebanyak 11 orang diantaranya langsung bebas masa hukumannya dipotong.

“Ada 484 warga binaan yang mendapat remisi, 17 diantaranya langsung bebas karena masa hukumannya berakhir setelah dipotong remisi, dengan rincian remisi umum I sebanyak 467 orang yakni yang mendapat 1 bulan sebanyak 158 orang, 2 bulan sebanyak 124 orang, 3 bulan sebanyak 133 orang, 4 bulan sebanyak 49 orang, 5 bulan sebanyak 1 orang, dan 6 bulan sebanyak 2 orang. Sedangkan remisi umum II atau mendapat remisi hari ini dan langsung bebas sebanyak 17 orang yakni 1 bulan sebanyak 8 orang, 2 bulan sebanyak 2 orang, 3 bulan sebanyak 2 orang, 4 bulan sebanyak 3 orang, 5 bulan sebanyak 1 orang dan 6 bulan 1 orang”, ungkap Kepala Lapas Kelas II B Sekayu Herman Sawiran Bc. Ip., SH., MH dalam laporannya pada acara pemberian remisi umum kepada warga binaan di halaman Lapas II B Sekayu. Jumat (17/08/2018)

Adapun nama – nama 17 warga binaan yang mendapatkan remisi dan langsung bebas yakni Agustiwa Bin Asupri Wahni, Arison Bin Juhri, Purnomo Bin Soleh, Romi alias Alex Bin Jamali, Samsyul Bahri Bin Ahmad, Ali Ramanda alias Boy Bin Zulkarnain, Deden Bin Judin, Ilham Bin Syafe’i, Irfan Bin Jumirin, Torika Bin Yanto, Karnain Bin Ahmad, Marjan Bin Nurdin, Sugiono alias Yono Bin Bahori, Effendy Bin Basri, Supriadi Bin Sulaiman, Tarmizi Bin Bakri, Wendy Bin Nazir.

“Disampaikan Herman bahwa warga binaan Pemasyarakatan di sini 75% asli warga Muba, 25% dari Palembang atau dari daerah-daerah lain. Dan jumlah seluruh penghuni pada hari ini ada 908 orang yang diantaranya narapidana laki 579 orang, perempuan 11 orang, tahanan laki – laki 291 orang, tahanan perempuan 22 orang, anak laki laki 4 orang, napi tahanan 1 orang. Dengan klasifikasi pidana umum sebanyak 455 orang, narkoba 449 orang, tipikor 2 orang, teroris 2 orang”, bebernya.

Remisi, sambungnya. Merupakan pengurangan masa hukuman yang didasarkan pada ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Namun, remisi tidak serta merta diberikan kepada napi. Pemberian remisi dilakukan setelah melalui proses penilaian dan evaluasi yang dilakukan Lapas. Hasilnya kemudian diusulkan ke Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

“Pemerintah memberikan apresiasi berupa pengurangan masa menjalani pidana atau remisi bagi mereka yang telah menunjukkan prestasi, dedikasi dan disiplin tinggi dalam mengikuti program pembinaan dari pemerintah serta telah memenuhi persyaratan yang ditentukan sebagaimana diamanatkan undang-undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan dan Keputusan Presiden Nomor 174 tahun 1999 tentang remisi”, jelasnya.

Pemberian remisi ini, pihak Lapas berpesan kepada 17 warga binaan yang langsung bebas agar dapat berkontribusi kembali ke masyarakat sekitar seperti apa yang telah dilewati saat menjalani pembinaan di Lapas. “Semoga mereka bermanfaat untuk lingkungannya, melakukan perbuatan baik dan tidak kembali lagi ke sini,” katanya. (WindaC).

 

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.