Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Kejari Sekayu Musnahkan Barang Bukti

Kamis, 22 Maret 2018 | 2:42 pm
Reporter: Winda Camelia
Posted by: Darul Kutni
Dibaca: 772

Suasana pemusnahan barang bukti tindak pidana umum dengan cara dibakar. Kamis (22/03/2018)

Aneka barang bukti tindak pidana umum di Halaman Kejari Sekayu. Kamis (22/03/2018)

Penandatanganan berita acara pemusnahan diawali oleh Maskur SH di Halaman Kejari Sekayu. Kamis (22/03/2018)

Muba LintasPe-

Guna mengantisipasi tindak pidana dengan meningkatkan keamanan dan pencegahan terhadap para pelaku, Kejaksaan Negeri (Kejari) Sekayu memusnahkan aneka barang bukti berbagai tindak pidana umum, yang perkaranya telah mempunyai kekuatan hukum tetap melalui putusan Pengadilan Negeri.

Proses pemusnahan barang bukti tersebut dilaksanakan di Halaman Kejari Sekayu, dilakukan dengan cara dibakar, sedangkan benda tajam dengan cara dipotong-potong menggunakan mesin gerinda yang dipimpin langsung oleh Kepala Kejari Sekayu Maskur SH, didampingi oleh Plt Bupati Muba diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pembangunan Ali Badri ST MT, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Sekayu Imam Santoso SH, Kasdim 0401/Muba Mayor Inf Surobin, Kepala Lapas Sekayu diwakili Perri, dan Kapolres Muba diwakili H. Surachman, disaksikan sejumlah jaksa dan beberapa awak media. Kamis (22/03/2018)

Dalam laporan Kepala Kejari Sekayu Maskur SH menyatakan bahwa kegiatan pemusnahan ini rutin dilaksanakan sebagai bagian dari kehatian-hatian dalam menjaga dan menyimpan barang bukti, sehingga menghindari adanya penyalahgunaan barang bukti atau hilang/rusak.

“Adapun barang bukti yang dimusnahkan berupa shabu-shabu seberat 119,52 gram, ganja seberat 15,10 gram, exstacy seberat 88,45 gram, senjata api sebanyak 13 pucuk terdiri dari laras panjang dan laras pendek, senjata tajam sebanyak 38 bilah terdiri dari pisau, golok dan parang, serta handpone, alat judi, KTP palsu, pakaian dan barang bukti lainnya, yang berasal dari kasus periode Januari hingga Maret 2018”, ungkapnya.

Peredaran narkoba, sambungnya. Cukup banyak dan sudah sangat memprihatinkan di Wilayah Kabupaten Muba. Diharapkan kedepannya perkara-perkara narkotika seperti ini dapat ditekan dengan kerjasama pihak-pihak terkait.

“Untuk itu, mari bersama-sama untuk saling bersinergi bekerja sama dengan instansi terkait dalam upaya cegah dini dan deteksi dini serta antisipasi dan memerangi narkoba diwilayah kabupaten Muba dan pemberantasan tindak kejahatan lainnya”, ajaknya.

Dalam kesempatan itu, Plt Bupati Muba diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pembangunan Ali Badri ST MT, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Muba (Pemkab Muba) mengucapkan rasa terima kasih dan apresiasi terhadap agenda kegiatan yang dilaksanakan oleh pihak Kejaksaan Negeri Sekayu dapat membantu kinerja Pemkab Muba dalam mengatasi dan menyelesaikan berbagai permasalahan baik tindak pidana konvensional maupun kejahatan lainnya di dalam wilayah Kabupaten Muba.

“Saat ini, permasalahan tindak kriminal jenis narkotika yang ada di Kabupaten Muba merupakan perhatian serius kami dan permasalahan tersebut sudah menjadi isu Nasional. Untuk itu, Pemkab Muba siap mengawal dan mensupport penuh terhadap kontribusi pencegahan tindak pidana. Mari bersama-sama saling bersinergi dalam memerangi kejahatan Narkotika karena efek dari kejahatan tersebut akan merusak para generasi muda ke depan”, ujarnya. (WindaC)

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.
error: Woi.. Enggak Boleh Copas !!