Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Lapas Sekayu Beri Remisi Khusus Kepada Narapidana dan Anak

Jumat, 15 Juni 2018 | 12:51 pm
Reporter: Winda Camelia
Posted by: lintas peristiwa
Dibaca: 180

Suasana narapidana melaksanakan sholat ied pada hari raya idul fitri 1439 Hijriah di lapangan Lapas II B sekayu. Jumat (15/06/2018)

Suasana narapidana melaksanakan sholat ied pada hari raya idul fitri 1439 Hijriah di lapangan Lapas II B sekayu. Jumat (15/06/2018)

 
 
Muba LintasPe-
 
Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) IIB Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) memberikan remisi khusus kepada narapidana dan anak di Lapas IIB Sekayu. Jumat (15/06/2018) 
 
Halaman Lapas IIB Sekayu hari ini, tampak dipenuhi pengunjung yang ingin menjenguk sanak keluarga yang mendekam dirumah berjeruji besi itu, terjadi kepadatan antrian dipintu masuk Lapas. Pengunjung terlihat berdesak-desakan dibawah tenda yang telah didirikan pihak lapas.
 
Kunjungan ini terbilang istimewa. Bagaimana tidak, seluruh petugas Lapas terlibat langsung melayani setiap proses kunjungan. Mulai dari penyambutan pengunjung saat memasuki area parkir, loket pendaftaran hingga proses kunjungan selesai.
 
Meski antrian sangat padat, situasi tetap kondusif. Lewat pengeras suara, petugas Lapas meminta para pengunjung untuk mengikuti aturan yang berlaku di Lapas.
 
Dalam sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Republik Indonesia yang dibacakan oleh Kepala Lapas IIB Sekayu, Herman Sawiran Bc. Ip, SH. MH menyampaikan bahwa sistem pemasyarakatan yang dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas WBP agar menyadari kesalahan, memperbaiki diri dan tidak mengulangi tindak pidana sehingga dapat diterima kembali oleh lingkungan masyarakat, dapat aktif berperan dalam pembangunan, serta dapat hidup secara wajar sebagai warga yang baik dan bertanggung jawab. 
 
“Untuk itu, saya meminta kepada seluruh WBP agar memahami bahwa remisi yang diterima hari ini adalah sebuah pencapaian dari perbaikan diri atas segala ketaatan, sehingga menjadi manusia baru yang lebih disiplin, lebih produktif, dan lebih optimis selama menjalani pidana”, pinta Herman dalam sambutannya usai melaksanakan sholat Ied.
 
Pemberian remisi khusus Hari Raya Idul Fitri ini, sambungnya. Diharapkan dapat memotivasi untuk mencapai penyadaran diri yang tercermin dari sikap dan perilaku sehari-hari. Pemberian remisi juga sebagai salah satu bentuk Negara hadir untuk memberikan perhatian dan penghargaan kepada narapidana dan anak atas segala pencapaian yang positif.
 
“Kepada seluruh WBP, saya mengajak untuk terus berperan aktif dalam mengikuti pembinaan dengan bersemangat dan tidak melakukan perbuatan yang melanggar hukum dan melanggar tata tertib di Lapas, karena hal tersebut akan mempercepat reintegrasi sosial untuk kembali ke masyarakat”, tambahnya.
 
Lebih lanjut, kepada seluruh jajaran pemasyarakatan ia minta untuk selalu melakukan interaksi dan komunikasi yang baik kepada semua pihak dengan mengedepankan semangat kebhinekaan, toleransi, kesatuan dan persatuan bangsa serta menghindari ujaran kebencian. “Terus laksanakan tugas dengan penuh integritas dan penuh ketulusan yang menjunjung tinggi nilai-nilai profesional, akuntabel, sinergi, transparan dan inovatif”, harapnya.
 
Dalam kesempatan yang sama, Kepala Lapas Sekayu mengatasnamakan jajaran Kementerian Hukum dan HAM mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi – tinggi nya kepada seluruh Pemerintah Daerah, seluruh instansi pemerintah, lembaga sosial kemasyarakatan, dan seluruh pihak yang telah turut serta memberi dukungan dalam melaksanakan tugas – tugas pemasyarakatan. (WindaC)
 

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.