Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Lawan Polisi, Residivis Perampokan ini Ditembak

Rabu, 22 Januari 2020 | 2:12 pm
Reporter: Winda Camelia
Posted by: Darul Kutni
Dibaca: 4710

Suasana Pres Release di Mapolres Muba. Rabu (22/01/2020)

 
Suasana Pres Release di Mapolres Muba. Rabu (22/01/2020)
 
MUBA LINTASPE-
 
Sudirman (46) Bin Yusuf, residivis kasus pencurian dengan pemberatan yang pernah mendekam di penjara selama tiga tahun setengah sejak tahun 2003 hingga 2007, harus kembali mendekam di jeruji besi tahanan Mapolres Musi Banyuasin.
 
Pria yang kesehariannya seorang penyadap karet ini bersama dua orang temannya membegal sebuah satu unit Mitsubishi L300 pick up tanpa plat nomor polisi depan belakang, yang sedang di kendarai oleh Untung Suropati (27) Bin Maimun warga Bangun Sari Kecamatan Babat Toman Kabupaten Muba.
 
Saat itu, ia mengendarai sepeda motor berbonceng tiga untuk mengejar korban saat melintas, lalu mereka cegat di jalan rusak tepatnya dijalan revisi VI PT PIP (Pelangi Inti Pertiwi) Desa Keban Kecamatan Sanga Desa dengan berpura – pura menanyakan rumah rekan.
 
Namun, tersangka lainnya sudah dibagi tugas. Hengki langsung memegang leher korban sambil menodongkan senjata api laras pendek dan langsung memukul kepala sebelah kanan korban dengan menggunakan gagang senpi lalu menariknya keluar dari mobil untuk dibawah kekebun sawitan.
 
Korban yang berusaha berontak untuk melepaskan diri harus terkena sabetan senjata tajam milik tersangka yang mengenai bagian dada sebelah kanan korban, lalu korban ditinggalkan begitu saja oleh ketiga tersangka dengan membawa lari mobil korban. Dengan penuh luka korban meminta pertolongan warga setempat untuk melaporkan kejadian yang dialaminya ke pihak Polsek Sanga Desa.
 
“Perampokan ini tidak kami rencanakan, kami cegat korban di jalan rusak. Saya membawa pisau, Hengki membawa senjata api rakitan. Lalu mobil kami bawa pulang. Namun saat itu, kami di cegat warga, saya pun lari kehutan untuk sembunyi sehari – semalam, setelah itu pulang kerumah”, ungkap warga Dusun I Desa Tanjung Raya Kecamatan Sanga Desa saat diwawancarai awak media dalam press release, di Mapolres Muba. Rabu (22/01/2020).
 
Dalam kesempatan yang sama, Kapolres Muba AKBP Yudhi Surya Markus Pinem S. Ok membenarkan kejadian tersebut. Ditangkap nya pelaku berdasarkan LP / B – 28 / X / 2019 / Sumsel / Muba / SEK SGD, tanggal 19 Oktober 2019. Penangkapan pelaku berawal dari informasi masyarakat bahwa Sudirman sering pulang kerumahnya di desa Tanjung Raya.
 
Meski sempat menghilang dan menjadi boronan, pada hari Jumat (17/01/2020) pukul 00.15 Wib di dapat informasi bahwa pelaku Sudirman sedang berada di rumahnya, selanjutnya tim gabungan Buser dan Polsek Sanga desa yang dipimpin Kanit Reskrim Polsek Sanga Desa Ipda lekat Haryanto SH dan Kanit pidum Polres Musi Banyuasin Ipda Nasirin SH  menuju ke rumah tersangka.
 
“Namun pada saat rumah tersangka digedor, tersangka mencoba melarikan diri melalui atap rumah sehingga anggota mendobrak pintu belakang rumah, selanjut anggota naik ke atas atap untuk menangkap tersangka. Tersangka pun berusaha melawan anggota dengan memecahkan botol sehingga diberikan tembakan peringatan”, ungkap Kapolres didampingi Wakil Kapolres Kompol Irwan Andeta S.Ik MH dan Kapolsek Sanga Desa Iptu Suventri SH.
 
Lebih lanjut, tersangka tidak menyerah dan akhirnya anggota melumpuhkan tersangka di bagian kaki sebelah kanan, selanjutnya tersangka dibawa ke Rumah Sakit Umum Sekayu untuk mendapatkan perawatan medis.
 
“Sebelumnya, 8 jam setelah kejadian perampokan tersebut, Hengki Gunawan (20) Bin Irawan warga Dusun 2 Desa Tanjung Raya di wilayah Babat Toman sudah tertangkap lebih dahulu, yang mana para tersangka sesuai informasi mengarah ke Babat Toman. Selanjutnya Kapolsek Babat Toman melakukan pengejaran dan pencegatan dengan dibantu oleh warga”, paparnya.
 
“Tentu ini sudah direncanakan, yang nama nya residivis 365 pasti mencari mangsa demi memenuhi kebutuhan sehari – harinya. Kedua tersangka dikenakan pasal 365 ayat 1 ayat 2, ke-2 ke-4 KUHP. Untuk barang bukti sudah kami limpahkan ke Kejaksaan Negeri Sekayu untuk diproses hukum lebih lanjut”, jelasnya.
 
Kapolres Muba pun menghimbau kepada Wira yang merupakan DPO untuk segera menyerahkan diri ke pihak berwajib. Jika tidak, akan dilakukan tindak tegas secara terukur. (WindaC)

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.
error: Woi.. Enggak Boleh Copas !!