Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Memasuki Musim Kemarau Pemkab. PALI Lepas Tim KARHUTLAH Terpadu

Kamis, 11 Juli 2019 | 8:11 pm
Reporter: Hendri Irdianto, SH
Posted by: redaksi
Dibaca: 181
Photo bersama Sekda Syahron Nazil SH usai Melepas Tim KARHUTLAH Terpadu Untuk Bertugas Mencegah Kebakaran Hutan, di Halaman Parkir Kantor Dinas Bupati PALI (11/07/2019)

Photo bersama Sekda Syahron Nazil SH usai Melepas Tim KARHUTLAH Terpadu Untuk Bertugas Mencegah Kebakaran Hutan, di Halaman Parkir Kantor Dinas Bupati PALI Kamis, (11/07/2019)

Foto bersama Sekda Syahron Nazil SH usai Melepas Tim KARHUTLAH Terpadu Untuk Bertugas Mencegah Kebakaran Hutan, di Halaman Parkir Kantor Dinas Bupati PALI (11/07/2019)
Photo bersama Sekda Syahron Nazil SH usai Melepas Tim KARHUTLAH Terpadu Untuk Bertugas Mencegah Kebakaran Hutan, di Halaman Parkir Kantor Dinas Bupati PALI Kamis, (11/07/2019)

 

Pali Sumsel LintasPe –

Saat ini di Indonesia khususnya di wilayah Kabupaten Penukal Abah Lematang Ilir (Kab. PALI) memasuki musim kemarau, guna mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutlah) yang terjadi Pemerintah Kabupaten (Pemkab.) PALI melepas Satuan Petugas (Satgas) Tim terpadu Karhutlah, Acara pelepasannya dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Kab. PALI oleh Sekreraris Daerah (Sekda) Syahron Nazil SH, Kamis. (11/07/2019).

Dalam kata sambutannya Sekda Kab. PALI mengucapkan selamat bertugas untuk Tim Karhutlah.

”Kepada Tim Terpadu Karhutlah Kabupaten PALI, Kami ucapkan selamat bertugas ditempat yang telah ditentukan”. Ucap Sekda Kab. PALI Syahron.

Sekda Kab. PALI ini juga meminta kepad semua unsur kecamatan dan desa terkhususnya kepada Camat serta Kepala Desa agar bersama-sama melakukan upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan di desa masing-masing, dengan mensosialisasikan agar tidak membuka lahan dengan cara membakar, membuat api dan atau membuang puntung rokok sembarangan.

”Diharapkan kerja samanya kepada Camat dan Kepala Desa diwilayah masing masing untuk pencegahan kebakaran hutan dan lahan”. Tambahnya.

Lebih jauh disampaikan Syahron Nazil, SH, karena pencegahan itu lebih baik daripada mengatasi, preventif lebih baik daripada represif, “Oleh sebab itu lanjutnya dalam pelaksanaan tugas ini kita melakukan sosialisasi secara persuasif kepada masyarakat, untuk tidak membakar lahan dalam aktifitas pembukaan lahan”.

Dalam hal ini tegaskannya bahwa tindakan persuasif harus berjalan berbanding lurus dengan ketegasan. Dia meminta kepada seluruh pihak yang terkait  karena pelanggaran pembakaran lahan ini perlu tindakan tegas sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Selain menjaga hutan dan lahan dari kebakaran Tim Karhutlah Terpadu ini di harapkan juga menjaga keselamatan diri masing-masing

“Kepada seluruh tim penanggulangan kebakaran hutan dan lahan yang terpenting adalah agar saudara-saudara juga menjaga keselamatan diri masing-masing”. Harapan Sekda Kab. PALI ini

Dikatakan Sekda, musim panas seperti ini sangat rawan terhadap kebakaran yang dapat menyebabkan kerusakan sumber daya alam dan berakibat kepada korban nyawa.

Dijelaskannya, bahwa Tim Terpadu Karhutlah Kabupaten PALI, selain Penanggulangan Bencana Pemkab PALI, juga ada tim dari TNI dan Polri yang telah membantu kami menyediakan dukungan.

”Sekali lagi, kita berharap kepada seluruh masyarakat, seluruh lapisan masyarakat untuk lapisan atas, dalam lapisan atas bersama-sama dengan Pemerintah dan tim gabungan ini untuk bersama-sama melakukan langkah-langkah dalam upaya memperbaiki hutan dan lahan”. Harap Sekda lagi.

Seusai pelepasan Tim Terpadu Karhutlah, Sekda atas nama Pemkab PALI juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Tim Terpadu yang akan melaksanakan tugasnya.

”Kita harus berterima kasih karena mereka sudah hadir ditengah kita untuk membantu kita dalam upaya penanggulangan bahaya hutan dan lahan”. Ujar Sekda kompilasi diwawancarai. (Hendri Irdianto, SH)

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.