Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Menuju Wilayah Bebas Korupsi, Ini Yang Akan Dilakukan Kalapas Sekayu

Kamis, 30 Januari 2020 | 12:30 pm
Reporter: Winda Camelia
Posted by: Darul Kutni
Dibaca: 350

Suasana penandatanganan fakta integritas di halaman Lapas Kelas IIB sekayu. Kamis (30/01/2020)

Suasana penandatanganan fakta integritas di halaman Lapas Kelas IIB sekayu. Kamis (30/01/2020)

MUBA LINTASPE – 

Untuk menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), merupakan suatu kewajiban unit pelaksana teknis untuk pembangunan zona integritas terutama dalam pelayanan masyarakat atau zero pungutan, baik kunjungan maupun untuk pengurusan hak – hak warga binaan.  Demikian yang disampaikan oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Pudjiono Gunawan SH. M.Si saat diwawancarai awak media usai melaksanakan apel komitmen pelaksanaan janji kinerja 2020. 
 
Apel yang dilaksanakan dihalaman Lapas Kelas IIB Sekayu ini di hadiri oleh Plt Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Yudi Herzandi SH MH, Kapolres Muba diwakili oleh Waka Polres Kompol Irwan Andeta S.Ik MH, Dandim 0401 / Muba di wakili oleh Kasdim M. Daud, Kepala Kejaksaan Negeri diwakili oleh Kasi Pidum Firdaus Affandi SH, Ketua Pengadilan Negeri Hendra Halomoan SH MH, Kepala pengadilan Agama Sekayu Syaifullah Anshari S.Ag, M. Ag. Kamis (30/01/2020).
 
Untuk perketat pengunjung Lapas, prosedur tetap akan ia lakukan, pengunjung yang masuk baik barang maupun badan tetap kita lakukan penggeledahan. 
 
“Kita akan tingkatkan pelayanan kunjungan, mungkin akan kita buat nyaman tempat menunggunya dan memberikan pelayanan yang lebih ramah dengan informasi – informasi yang kita berikan untuk membantu keluarga nya yang ada didalam”, ucap Pudjiono yang baru 4 hari menjabat Kalapas Sekayu.
 
Untuk pungli jika terbukti, sambungnya. Sudah pasti di BAP, akan di periksa dan akan di tindaklanjuti. “Untuk sanksi kita lihat seperti apa praktiknya, seberapa besar pungutannya, dan untuk kepentingan apa”, tegas Kalapas asal Cirebon, Jawa Barat ini.
 
Program kedepan selain salah satunya membangun zona integritas menuju WBK, dirinya akan melakukan mapping dulu kedalam, seperti apa kondisinya dan apa saja yang akan saya lakukan. 
 
“Mungkin saya akan fokus pembenahan sarana dan prasarana, Untuk mendukung bisa meraihnya WBK. Untuk overkapasitas warga binaan, yang saat ini diisi oleh 910 orang, alhamdlillah ada perhatian khusus dari Bapak bupati dengan memberikan lahan untuk relokasi lapas, arah menuju Kabupaten Pali.” beber saat diwawancarai.
 
Dalam hal ini, Kalapas Pudjiono Gunawan SH M.Si sebagai inspektur upacara menyampaikan fakta integritas yang berisi, “Sebagai Pegawai Kemenkumham berjanji untuk mewujudkan sumber daya manusia unggul melalui implementasi Kementerian Hukum dan HAM Corporate University, mengembangkan Team Work dan E – Government dalam rangka mewujudkan Good Governance, meningkatkan akses layanan hukum dan Ham yang berkeadilan, revitalisasi Kantor Wilayah Kemenkumham sebagau Law And human Right Centre, meningkatkan keramahtamahan (hospitality) dan layanan masyarakat
Menjaga role model dan memberikan kinerja terbaik kepada organisasi guna meningkatkan satuan kerja berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).”
 
Dalam sambutannya menyampaikan acara yang dilaksanakan ini adalah langkah pertama dalam mengokohkan komitmen kita untuk mewujudkan good governance di Lapas Kelas IIB Sekayu yang akan berkontribusi positif bagi pembangunan hukum dan HAM di Indonesia.
 
“Untuk itu, jadikan momentum ini sebagai pondasi dasar bagi keberhasilan kita di tahun 2020, target kinerja yang telah disusun dan disepakati sebagai salah satu instrumen kerja untuk dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Deklarasi janji kinerja yang sudah kita ucapkan tadi adalah bentuk komitmen dalam melaksanakan target-target yang telah disepakati, dan pencanangan zona integritas adalah bagian dari ikhtiar kita mewujudkan Lapas Sekayu terus berintegritas dan bersih dari korupsi.” ujar Mantan Kalapas Kelas IIB Pariaman, Sumatera Barat ini.
 
Tantangan kedepan semakin besar, lanjutnya. Tetapi dengan sikap mental yang baik sinergitas dan kolaborasi yang kuat, dirinya yakin mampu melewatinya dengan sukses.
 
“Kedepan kita harus semakin progresif dalam mencapai target-target secara tepat waktu. Segera lakukan kolaborasi dengan seluruh stakeholder kita, persoalan – persoalan yang masih belum terselesaikan kemarin, segera terselesaikan triwulan pertama tahun ini”, ajaknya.
 
Untuk itu, pinta Kalapas. Seluruh jajaran Lapas Kelas IIB Sekayu untuk tetap fokus melaksanakan prioritas nasional, prioritas bidang, dan prioritas kementerian. 
 
“Selamat bekerja, buatlah sesuatu yang membanggakan ditahun 2020, tinggalkan legacy yang baik, dan mempunyai manfaat bagi Kemenkumham”, tegas Pudjiono.
 
Sementara itu, Plt Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Yudi Herzandi SH MH, dalam arahannya nya menyampaikan bahwa dalam rangka melaksanakan zona integritas ini sudah diatur dalam peraturan bersama di dalam Permenpan Reformasi Birokrasi Nomor 52 tahun 2014 tentang pedoman pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani. Namun, sekarang telah dirubah dengan Permenpan Nomor 10 tahun 2019 tentang perubahan atas permenpan Nomor 52 tahun 2014.
 
“Sebagai aparatur pemerintah atau sebagai ASN pendapatannya sudah diukur, kerja tidak kerja kita tetap digaji. Namun, masalahnya sekarang ini kehidupan perekonomian kita sekarang ini,  biayanya tinggi. Sehingga terkadang terjadi kontradiksi antara aturan dengan perilaku kita sebagai ASN”, ucap Yudi.
 
Di satu sisi, menurutnya. Pendapatan yang dibayar oleh pemerintah terlalu rendah dibanding dengan kebutuhan kita, maka sering terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan.
 
“Sebagai ASN tidak boleh melakukan pungutan yang tidak sesuai dengan aturan, sekarang ini apapun bentuknya yang di luar dari ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah disebut dengan Korupsi. Untuk itu diharapkan dengan diadakannya zona integritas ini, pegawai Lapas Sekayu dapat melayani masyarakat dengan baik dan benar”, harapnya. (WindaC)

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.
error: Woi.. Enggak Boleh Copas !!