Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Merasa Terganggu Warga B5 Lapor Bupati Muba, Terkait Penyulingan Tradisional Minyak Ilegal

Selasa, 4 Desember 2018 | 8:51 pm
Reporter: Tim
Posted by: Ahmad Jahri
Dibaca: 343

 
MUBA SUMSEL, LintasPe – 
 
Warga Desa Tanjung Keputran (B.5) Kecamatan Plakat Tinggi Kabupaten Musi Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan. Saat ini marasa resah, pasalnya mereka terganggu dengan adanya usaha sekolompok masyarakat melakukan penyulingan minyak tradisional secara ilegal yang diduga di bekengi oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab untuk mencari keuntungan secara individu, tampa menghiraukan keselamatan dan kesehatan warga yang bermukim di wilayah tersebut.
 
Menurut salah satu warga mengatakan bahwasannya kegiatan tersebut sudah di laporkan baik kepemerintah desa, aparat hukum namun ironisnya praktek tersebut tetap berjalan.
 
“Puluhan warga sudah  melaporkan kepihak kepala desa, Kapolsek dan Camat namun tidak ada tindakan yang nyata bahkan kegiatan tersebut lancar-lacar saja,” Ujarnya. 
 
Lebih lanjut, “Sudah dilaporkan persoalan ini kepada Bupati Musi Banyuasin melalui surat No. 01/ LP/ MASY-DS-PK/XI/2018. Pada hari senin tanggal 03 Desember 2018. yang ditandatangani ratusan warga desa kami,” Bebernya. 
 
Masih katanya, “kegiatan tersebut sangat mengganggu ketentraman dan keselamatan jiwa kami kerena asap dari usaha mereka itu setiap hari memasuki rumah rumah warga yang mengotori perabotan rumah warga bahkan saat ini banyak warga kami terkena wabah penyakit batuk-batuk dan sudah beberapa orang warga yang meninggal dunia yang diduga terkena dampak polusi udara dari asap usaha mereka,”Ungkapnya. 
 
“Jarak usaha mereka itu hanya berjarak 20-50 meter dari pemungkiman penduduk dan penyulingan itu memakai bahan bakar Limba kotoran minyak atau tirub, sehubungan bahan bakarnya limbah minyak itu asapnya hitam pekat dan berbau serta diduga mengandung penyakit itu bisa dilihat dengan banyaknya tumbuhan disekitarnya yang mati,” Jelasnya. 
 
“Harapan kami pihak yang terkait agar segera dapat membubarkan atau memindahkan kegiatan tersebut ketempat yang jauh dari pemukiman demi keselamatan dan kesehatan kami,” Tandasnya. (tim) 

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.