Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Pemilihan BPD Ditunda “Kolom Nama Pemilih Wajib Diisi Bikin Ricuh”

Selasa, 23 April 2019 | 9:50 am
Reporter: Red.
Posted by: Darul Kutni
Dibaca: 1234
Suasana di lokasi pemilihan BPD Desa Pandan Dulang yang direncanakan dilaksanakan halaman kantor desa dusun satu (1) desa pandan dulang Kec. Lawang Wetan Kab. Muba Prov. Sumsel. Senin kemarin,

Suasana di lokasi pemilihan BPD Desa Pandan Dulang yang direncanakan dilaksanakan halaman kantor desa dusun satu (1) desa pandan dulang Kec. Lawang Wetan Kab. Muba Prov. Sumsel. Senin kemarin, (22/04/19)

 

Suasana di lokasi pemilihan  BPD Desa Pandan Dulang yang direncanakan dilaksanakan halaman kantor desa dusun satu (1) desa pandan dulang Kec. Lawang Wetan Kab. Muba Prov. Sumsel. Senin kemarin,
Sample salah satu Surat Suara dan Suasana di lokasi pemilihan BPD Desa Pandan Dulang yang direncanakan dilaksanakan halaman kantor desa dusun satu (1) desa pandan dulang Kec. Lawang Wetan Kab. Muba Prov. Sumsel. Senin kemarin, (22/04/19)

 

Sekayu Muba LintasPe –
Warga Masyarakat Desa Pandang Dulang tolak pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) pandan dulang yang direncanakan dilaksanakan halaman kantor desa dusun satu (1) desa pandan dulang Kecamatan (Kec.) Lawang Wetan Kabupaten Musi Banyuasin (Kab. Muba) Provinsi Sumatera Selatan (Prov. Sumsel). Senin kemarin, (22/04/19)

Pasalnya pada kertas suara pelilihan BPD ada kolom nama pemilih, kolom ini disediakan khusus dibagian bawah kertas suara dan sebagai pemilih diwajibkan menulis namanya ketika mencoblos, warga desa pandan dulang keberatan dengan adanya tulisan nama bagi pemilih di kertas suara para calon dan akhirnya pemilihan tersebut terpaksa harus ditunda.

“Pemilihan ini harus ditunda, karena ketua panitia Pelaksana tidak dapat mengambil keputusan untuk membuang tulisan pemilih tersebut”. Kata beberapa warga.

Menurut (P) warga desa pandan dulang, P menjelaskan. “Kami selaku warga masyarakat sangat keberatan karena harus menulis nama kami dikertas suara calon, kalau nama kami selaku pemilih harus ditulis pada kertas suara yang kami coblos berarti ini tidak rahasia lagi, siapa mencoblos siapa bakal ketahuan, dimana kerahasiaan kita sebagai pemilih”. Ungkapnya.

Dia menambahkan “Muncul pertanyaan dibenak kami, mengapa Ketua Panitia Tidak dapat mengambil kepusan untuk membuang nama pemilih pada kertas suara, inikan bisa dilakukan dengan cara memotong kertas suara bagian kolom nama pemilih.

“Seperti yang terjadi di desa tetangga desa simpang sari, atas permintaan para pemilih, ketua panitia akhirnya membuang kolom nama pemilih dan pemilihan BPD berjalan lancar”. Jelasnya.

“Kami tidak habis pikir ada apa dan mengapa ketua panitia pelaksana pemilihan tidak mau membuang tulisan tersebut, kami menduga ini ada indikasi penyalah gunaan wewenang dan kami juga menduga ada indikasi mani politik”. Keluhnya.

Alimin, SH Ketua BPD Desa Pandan Dulang mengatakan. “Kalau saya menilai ini semua ulah ketua panitia pelaksana yang membuat aturan tentang nama pemilih di kertas suara para calon, hanya permasalahannya pemilih keberatan dengan ada kolom yang bertuliskan nama pemilih, namun ketua panitianya sepertinya keberatan juga untuk membuang tulisan tersebut bahkan sampai menunda pemilihan”. Terang Alimin.

“Menurut saya memang kurang etis kalau nama pemilih harus ditulis dikertas suara para calon, jelas nanti ketahuan nama pemilih yang memilih siapa dan siapa yang dipilih, jelas ini membuat masyarakat pemilih keberatan”. Tutup Alimin.

Pemilihan BPD Desa Pandan Dulang harus ditunda hingga hari kamis tanggal 25-04-2019 mendatang.

“Pemilihan BPD Desa Pandan Dulang jadinya tertunda, penundaan tersebut atas permintaan ketua panitia pelaksana pemilihan BPD”. katanya dengan nada kesal.

Sementara ketua panitia pelaksana pemilihan BPD Desa Pandan Dulang sampai berita ini diturunkan belum dapat dimintai keterangan.(red)

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.
error: Woi.. Enggak Boleh Copas !!