Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Pemuda Inspiratif Membangun Desa Dengan Berwirausaha Ketahanan Pangan Ternak dan Perikanan

Rabu, 9 Desember 2020 | 10:40 am
Reporter: red.Rachmad Hidayat
Posted by: Admin
Dibaca: 292
Ternak_Maggot, Milenial Mulyo Asih" Kec. Keluang.

Ternak_Maggot, Milenial Mulyo Asih" Kec. Keluang.

Pemuda Peternak_Maggot, Milenial Mulyo Asih" Kec. Keluang.
Pemuda Peternak_Maggot, Milenial Mulyo Asih” Kec. Keluang.

KELUANG, MUBA, LINTASPERISTIWA.COM, – Mulyo Asih lupakan salah satu fondasi penting dalam pembangunan desa hingga suatu negara.
Dimana pemuda adalah titik yang memiliki pemikiran yang maju karena mengikuti perkembangan masa kini umumnya dikenal zaman milenial.

Adapun untuk mengasah kematangan dalam mencari jati diri seharusnya membuatkan wadah agar memiliki dampak positif pada pembangunan sehingga laju pembangunan akan terasa bahkan termotivasi tersendiri bagi pemuda.

Mulyo Asih merupakan desa yang ada di kecamatan keluang Kabupaten Musi Banyuasin dukungan yang kuat dari masyarakat, lembaga Desa, BP3K dan Dinas Perikanan serta dinas ketahanan pangan hortikultura dan dinas peternakan ( TPHP ) sehingga terbentuk suatu wadah kelompok organisasi, ” Milenial Mulyo Asih” yang sudah terdaftar  registrasi di kecamatan dan Kabupaten”.

Milenial Mulyo Asih dibentuk pada tanggal 17 November 2020 yang dilakukan oleh Kepala Desa setempat ( Bapak Mujiono ) dengan pesan, “Membangun usaha dengan solidaritas yang tinggi akan membentuk usaha besar, untuk modal usaha saya siapkan menjadi pendorong semangat penyemangat untuk para pemuda kelompok milenial Mulyo asinh baik secara material ataupun tenaga dan pikiran”.

Adapun pendamping kelompok milenial Mulyo Asih yakni Bapak Andi Sofian SP sebagai penyuluh dari BP3K.

“Saya siap membantu sebagai perantara untuk pengembangan kelompok memilih-milih milenial Mulyo asing dalam urusan administrasi di kabupaten” ujarnya.

Ternak_Maggot, Milenial Mulyo Asih" Kec. Keluang.
Ternak_Maggot, Milenial Mulyo Asih” Kec. Keluang.

Kelompok milenial Mulyo ASI terdaftar registrasi di Kabupaten Musi Banyuasin pada tanggal 2 Desember 2020 dengan bantuan Korlu Kecamatan peluang Bapak Sunarno SP dengan jumlah anggota 11 orang, diketuai oleh saudara Moh Afif Dahnia S.Kom, kelompok milenial Mulyo Asih memiliki gagasan mengenai usaha ketahanan pangan serangga yang memiliki protein tinggi untuk peternak dan Perikanan.

Hal ini merupakan pakan alternatif yang efektif dan efisien dikarenakan harga relatif lebih murah dan terjangkau.

Selain itu, ketahanan pangan dari Larva serangga ( Maggot ) memiliki dampak positif bagi lingkungan terutama pada pelestarian alam lingkungan rumah tangga karena pemanfaatan limbah organik sebagai pakan Larva serangga.

Kelompok milenial Mulyo Asih sudah memproduksi Larva serangga ( Maggot ) dengan skala produksi 3 biopond, masing-masing biopon lebih kurang 60 kg dan pupuk 5 kg +- 60 kg.

“Pupuk organik 100 kg/ Biopon ( Basah ) atau dalam kemasan 5 kg = 60 pak pupuk organik.

Rencana dalam pengembangan atau prospek dengan lahan minimal 2 H, segala usaha ketahanan pangan Larva ( BSF ) Maggot 100 biopond budidaya ikan peternakan dan aqua phonix untuk  target project ke depan.

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.
error: Woi.. Enggak Boleh Copas !!