Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Pungut Pembelian Seragam Siswa Dan Uang Komite Maridi Kangkangi Permendikbud

Jumat, 13 November 2020 | 2:27 pm
Reporter: Fathoni Muhtar
Posted by: Admin
Dibaca: 187
Plang Sekolah, SMP Negeri 2 Sekampung Udik.

Plang Sekolah, SMP Negeri 2 Sekampung Udik.

Plang Sekolah, SMP Negeri 2 Sekampung Udik.
Plang Sekolah, SMP Negeri 2 Sekampung Udik.

LAMPUNG TIMUR, LINTASPERISTIWA.COM, – Pungutan uang seragam dan uang komite kepada siswa baru di SMPN 2 Sekampung udik Kabupaten Lampung timur telah terjadi pada saat Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) beberapa bulan lalu..
 
Hal tersebut disampaikan oleh Yono (36) dan tiga orang lain nya selaku orang tua siswa, menurut mereka anak-anak di wajibkan membayar uang sebesar Rp.1 juta untuk pembelian 2 stel seragam sekolah dan 1 stel pakaian olah raga.
 
Sedangkan pembayaran lain nya adalah uang komite sebesar Rp.509 ribu untuk pembangunan pagar dan papping sekolah.
 
“Sejujurnya kami keberatan dengan adanya pungutan tersebut, tapi karena semuanya bayar kami pun harus ikut bayar, meskipun uang sebanyak itu kami harus bersusah payah mendapatkan nya”, mana ini lagi musim pandemi covid lagi, ujar Yanto dkk.
 
Menindak lanjuti informasi tersebut, Lintas Peristiwa mendatangi Kepsek Drs. Maridi ke sekolah sebanyak tiga kali namun tidak pernah bertemu, begitu pula saat di datangi ke rumahnya sang Kepsek juga tidak berada ditempat dan ponselnya pun tidak aktif, adapun pihak yang berwenang yakni Suprapto, S.Pd Kabid Dikdas yang merupakan perpanjangan tangan Dinas Pendidikan Lamtim tidak mau angkat telpon saat dihubungi berulang kali.
 
Bila mengacu pada Permendikbud nomor 75 tahun 2016 dijelaskan, bahwa sekolah ataupun satuan pendidikan yang mendapatkan kucuran dana BOS dilarang melakukan pungutan atau penggalangan dana kepada siswa dengan dalih apapun, yang diperbolehkan adalah Komite sekolah melakukan penggalangan dana berupa sumbangan, dengan jumlah besaran maupun waktu pembayaran yang tidak ditentukan, seperti diungkapkan AM. Ihwan tokoh muda peduli pendidikan asal Sekampung udik.

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.
error: Woi.. Enggak Boleh Copas !!