Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Puskesmas Sri Gunung Menumbuh Kembangkan SBH Membentuk Santri Husada

Selasa, 9 Oktober 2018 | 1:21 pm
Reporter: red./fenti kwaran sungai lilin
Posted by: redaksi
Dibaca: 262
SBH Kwarcab Muba Kwarda Sumsel

Kak Fenti Suprihartini bersama pamong saka kak Dian Bagus Aribowo dan Dewan kerja Saka memandu dinamika kelompok untuk lebih mengenal calon anggota SBH yang satu dengan calon anggota SBH yang lainnya. Minggu (07/10/2018).

SBH Kwarcab Muba Kwarda Sumsel

Suasana upacara pembukaan latihan SBH Puskesmas Sri Gunung masa bakti angkatan ke 2 Tahun 2018/2019 yang di ikuti oleh calon anggota SBH yang berasal dari Gudep Ponpes Assalam, SMA Negeri 2 Sungai Lilin dan SMK Negeri 2 Sungai Lilin di Puskesmas Sri Gunung. Minggu (07/10/2017).

Sungai Lilin Muba LintasPe –

Kesehatan meski berdampingan dengan kedokteran namun implementasi program kesehatan masyarakat berbeda jauh dengan dunia kedokteran. Kesehatan masyarakat sangat erat kaitannya dengan aspek sosial budaya masyarakat yang bersangkutan. Oleh karena itu hal yang bisa dilakukan adalah memberikan kerangka pikir, sementara isinya diserahkan kepada petugas lokal untuk mengemnangkannya. Atas dasar tersebut program peran serta masyarakat harus lentur sifatnya dan juga memperhatikan kearifan lokal.

Pondok Pesantren (Ponpes) adalah lembaga pendidikan Islam yang memiliki warga belajar yang disebut santri. Para Santri ini jumlahnya cukup banyak, sehingga kelak di kemudian hari di harapkan alumnus Ponpes memiliki kemampuan sebagai inovator dalam pembangunan moral dan spiritul serta intelektual yang bernuansa Islami

Keberadaan Ponpes Assalam Sungai Lilin di wilayah kerja Puskesmas Sri Gunung memberi warna pada pembangunan manusia Indonesia seutuhnya, termasul pola perilaku hidup bersih dan sehat, sesuai ajaràn Islam bahwa kebersihàn adalah bagian dari Iman.

Salah satu upaya kesehatan bersumber daya masyarakat (UKBM) yang telah diselenggarakan di Puskesmas Sri Gunung adalah Satuan Karya Pramuka (Saka) Bakti Husada yaitu wadah Pramuka untuk mengembangkan pengetàhuan, keterampilan, pengàlaman dan kesempatan dalam membaktikan dirinya kepada masyarakat dalam pembangunan kesehatan.

” Setelah sukses mempurnabaktikan anggota SBH masa bakti angkatan I Tahun 2017/2018 pada tanggal 26 September 2018 yang lalu di mana semua anggota didik semuànya berasal dari SMA Negeri 2 Sungai Lilin, saat ini Saka Bakti Husada (SBH) Puskesmas Sri Gunung Kwarran Sungai Lilin Kwarcab Musi Banyuasin Kwarda Sumatera Selatan menumbuh kembangkan santri husada pada pembangunan kesehatan yang peserta didiknya berasal dari Ponpes Assalam Sungai Lilin,” terang kak Fenti Suprihartini.

Ide/gagasan untuk membentuk Santri Husada pertama kali dikemukakan oleh kak Fenti Suprihartini selaku Ketua Pelaksana SBH Puskesmas Sri Gunung pada acara pembinaan daro Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Musi Banyuasin dan kursus orientasi gugus depan di Kwarran Sungai Lilin yang diselenggarakan di SMP Negeri 1 Sungai Lilin pada tanggal 8 Mei 2018. Saat itu kak Fenti menyampaikan gagasan kepada Ka Pusdiklatcab Mantri Melayu Kak Juli Alamsyah.

Dilanjutkan pengalangan komitmen dengan para pelatih yaitu Kak Ardiningsih dan kak Sariningsih Budi Utami. Lalu penggalangan komitmen dengan Kak Dian Bagus Aribowo selaku Pembina Pramuka di Ponpes Assalam Sungai Lilin pada tanggal 14 Agustus 2018 di sela-sela menghadiri upacara Hari Pramuka yang ke 57 Tahun 2018 yang diselenggarakan di SD Negeri 1 Sungai Lilin. Selanjutnya kak Fenti memohon rekomendasi dari Ka Kwarran Sungai Lilin Kak JaKa Sartapa.

Berlandaskan surat rekomendasi dari Ka Kwarran Sungai Lilin Nomor 036/051104/C/2018 perihal pemberitahuan kepada Ka Mabigus tingkat SMAN/SMKN/MA Kecamatan Sungai Lilin untuk memberikan ijin kepada siswa siswinya untuk mengikuti kegiatan kepramukaan Saka Bakti Husada Puskesmas Sri Gunung di Puskesmas Sri Gunung, maka Dewan Kerja Saka kak Yogi Saputra dan kak Feby Eka Fatra dan didampingi oleh kak Fenti pada tanggal 4 Oktober menyerahkan surat rekomendasi ke Ponpes Assalam Sungai Lilin.

Surat rekomendasi tersebut ditindaklanjuti oleh pihak Ponpes Assalam Sungai lilin dengan mengutus kak Dian Bagus Aribowo selaku Pembina Pramuka dan perwakilan anggota Pramuka Ponpes Assalam datang ke sanggar SBH Puskesmas Sri Gunung untuk mengisi formulir pendaftaran calon anggota SBH dan selanjutnya mengikuti upacara pembukaan latihan SBH Puskesmas Sri Gunung masa bakti angkatan ke 2 Tahun 2018/2019 yang diikuti oleh calon anggota SBH dari SMA Negeri 2 Sungai Lilin, SMK Negeri 2 Sungai Lilin dan dari Ponpes Assalam Sungai Lilin di Puskesmas Sri Gunung. Minggu (07/10/2018).

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan dinamika kelompok yang dipandu oleh kak Fenti bersama kak Dian Bagus dan Dewan Kerja Saka untuk lebih mengenal antara calon anggota SBH yang satu dengan calon anggota SBH lainnya.

Di akhir kegiatan didapatkan kesepakatan bersama bahwa untuk SBH Santri Husada, latihan rutin akan diselenggarakan setiap hari Jumat di Ponpes Assalam. Sedangkan SBH Remaja Husada yang peserta didiknya berasal dari SMA Negeri 2 Sungai Lilin, SMK Negeri 1 Model Sungai Lilin dan SMK Negeri 2 Sungai Lilin, latihan rutin akan diselenggarakan setiap hari minggu di sanggar SBH Puskesmas Sri Gunung.

Pada kesempatan ini atas nama SBH Puskesmas Sri Gunung kak Fenti mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para Ka Mabigus dan para Pembina Pramuka yang telah mendukung penyelenggaraan SBH Puskesmas Sri Gunung.

Semoga cita-cita untuk mewujudkan Saka Bakti Husada, Remaja Husada, Santri Husada dan Pramuka berjaya menjadi kenyataan.

Satu Pramuka untuk satu Indonesia.
Jayalah Saka Bakti Husada.
Jayalah Pramuka Indonesia.
Salam Pramuka.(red.fenti.kwarransungaililin)

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.