Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

SBH Puskesmas Sri Gunung Kwarran Sungai Lilin Lakukan Latihan Rutin Krida Penanggulangan Penyakit

Minggu, 15 Desember 2019 | 11:29 pm
Reporter: Fenti Suprihartini, AM. Keb., S.H., M.H.
Posted by: Darul Kutni
Dibaca: 613
Upacara pembukaan latihan sebelum melaksanakan kegiatan inti dengan pembina upacara kak Fenti Suprihartini, AM. Keb., S.H., M.H.

Upacara pembukaan latihan sebelum melaksanakan kegiatan inti dengan pembina upacara kak Fenti Suprihartini, AM. Keb., S.H., M.H. Minggu (15/12/2019).

Pemberian materi Permenkes No 38 tahun 2019 tentang pembinaan satuan karya pramuka BH dan Materi SKK penanggulangan penyakit rabies

Pemberian materi Permenkes No 38 tahun 2019 tentang pembinaan satuan karya pramuka BH dan Materi SKK penanggulangan penyakit rabies. Minggu (15/12/2019).

Photo bersama selesai Upacara penutupan Latihan.

Photo bersama selesai Upacara penutupan Latihan. Minggu (15/12/2019).

 

Sungai Lilin LintasPe –

SBH Puskesmas Sri Gunung Kwarran Sungai Lilin Kwarcab Musi Banyuasin Kwarda Sumatera Selatan mengadakan latihan rutin pemberian materi Krida Penanggulangan Penyakit SKK Penanggulangan Penyakit Rabies yang dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 15 Desember 2019, bertempat di Poskesdes Cinta Damai Puskesmas Sri Gunung. Minggu, (15/12/2019).

Upacara pembukaan latihan dilaksanakan terlebih dahulu pada pukul 09.00 Wib sebelum acara inti untuk menanamkan kedisiplinan kepada peserta didik.

Sebelum materi Krida diberikan, kak Fenti Suprihartini, AM. Keb., S.H., M.H. selaku Pamong Saka memberikan sosialisasi kepada peserta didik Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2019 Tentang Pembinaan Satuan Karya Pramuka Bakti Husada sebagai tindak lanjut dari Visitasi Saka Bakti Husada Nasional Kementerian Kesehatan Republik Indonesia oleh Kak Soni ke Pangkalan SBH Puskesmas Sri Gunung yang memberikan sosialisasi Permenkes tersebut.

Dalam sosialisasinya, kak Fenti menjelaskan bahwa, “Permenkes tersebut ditetapkan di Jakarta pada tanggal 11 Oktober 2019 ditanda tangani oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nila Farid Moeloek dan diundangkan di Jakarta pada tanggal 18 Oktober 2019 oleh Direktur Jenderal Peraturan Perundang-undangan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Widodo Ekatjahjana, (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2019 Nomor 1220)”.

Lanjut kak Fenti, “Permenkes ini terdiri dari 5 Bab dan 9 Pasal. Bab I Ketentuan Umum, Bab II Penyelenggaraan, Bab III Tugas dan Tanggung Jawab, Bab IV Pendanaan dan bab V ketentuan penutup. Pada lampiran Permenkes tersebut pada bab II Krida Saka Bakti Husada pada huruf “B” Proses pencapaian SKK dijelaskan bahwa proses pencapaian SKK dilaksanakan di Pangkalan Saka Bakti Husada, pemberian materi sesuai program dan SKK yang diminati, dilakukan 2 (dua) sampai 3 (tiga) kali pertemuan oleh pamong dan instruktur serta pengujian SKK dilaksanakan secara langsung atau tidak langsung oleh instruktur dan pamong”. Tuturnya.

Berdasarkan landasan hukum Permenkes tersebut, maka pada latihan rutin Krida Penanggulangan Penyakit, SKK Penanggulangan Penyakit Rabies pada pertemuan pertama ini diberikan materi tanda-tanda rabies pada manusia, tanda-tanda rabies pada anjing, penyebab dan cara penularan. Dan materi akan dilanjutkan pada pertemuan kedua minggu berikutnya pada tanggal 22 Desember 2019 dengan materi pengobatan rabies, pencegahan, prinsip pemberantasan dan peran serta Pramuka Saka Bakti Husada dalam penanggulangan penyakit rabies.

Pada pertemuan ketiga, minggu tanggal 29 Desember 2019 akan dilanjutkan dengan praktek mencuci luka gigitan anjing selama 15 menit dengan menggunakan sabun dan air mengalir. Minggu keempat tanggal 5 Januari 2020 akan dilakukan pengujian SKK untuk mendapatkan Tanda Kecakapan Khusus (TKK) yang akan dilaksanakan baik secara langsung dimana peserta didik berhadapan langsung dengan instruktur dan pamong maupun tidak langsung melalui pengamatan dan penugasan yang hasilnya dinilai oleh instruktur dan pamong.

Rangkaian kegiatan latihan rutin berakhir pada pukul 11.00 Wib dengan dilakukan upacara penutupan latihan dan foto bersama. (Fenti Suprihartini, AM. Keb., S.H., M.H.)

Salam sehat….
Sehat bangsaku….
Jayalah negeriku…..
Salam Pramuka…..

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.
error: Woi.. Enggak Boleh Copas !!