Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Seminar Menguak Pusaka Swarna Bhumi Di LB Pantai Timur Sumsel

Rabu, 6 November 2019 | 11:25 pm
Reporter: Ekobepe
Posted by: Lintas Peristiwa1
Dibaca: 108
Photo bersama saat mengikuti seminar di Museum Balaputradewa. Selasa,

Photo bersama saat mengikuti seminar di Museum Balaputradewa. Selasa, (06/11/2019).

Photo bersama saat mengikuti seminar di Museum Balaputradewa. Selasa,
Photo bersama saat mengikuti seminar di Museum Balaputradewa. Rabu, (06/11/2019).

 

Palembang LintasPe –

Ratusan peserta antusias mengikuti seminar yang diadakan oleh Museum Balaputradewa masih dalam rangkaian Pameran Pesona Kain Tradisional Sumatra Selatan.

Narasumber yang dihadirkan diantaranya Drs. Siswanto, M.A (ka. Musnas), Drs. Budi Wiyana (ka. Balar sumsel), AKBP Drs. Harno, M.Si (Polisi Bidang Kebudayaan dan Pariwisata) dengan Moderator: Dr. Hj. Retno Purwanti, M.Hum.

Hari ini tema yang dibahas berkenaan dengan viralnya informasi terkait Munculnya harta Karun di daerah Pantai Timur Provinsi Sumatra Selatan (Prov. Sumsel) tepatnya di wilayah Cengal yang selama ini identik dengan wilayah lahan basah gambut.

Setelah terbakarnya karhutla di daerah tersebut, masyarakat setempat berbondong-bondong mengais harta Karun yang ditengarai dari abad ke-9 saat kerajaan Sriwijaya berdiri.

Berbagai temuan baik logam ataupun bentuk yang lain menjadi rebutan untuk dapat dimiliki perseorangan.

Bersyukur dari balai Arkeologi di Palembang yang bekerjasama dengan Pihak Kepolisian Daerah (POLDA SUMSEL) dapat meminimalisir perdagangan sesaat dari bukti sejarah yang terkuak.

Dengan dimediasi oleh Museum Balaputradewa, penelitian lanjutan diharapkan dapat mengedukasi masyarakat tentang pentingnya nilai sejarah dan kekayaan didalamnya.

Bahkan sharing terbuka tindakan lanjutan seperti hari ini dengan mengajak dinas terkait, lingkup pendidikan utamanya sejarah, mahasiswa dan pendidik di dalamnya termasuk pegiat sejarah dan tokoh sejarawan sangat diapresiasi oleh Kadispar Prov. Sumsel yang langsung membuka acara tersebut. (Ekobepe)

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.