Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Setrum Ikan Disungai, Baban Tertunduk Lesu Ditangkap Polisi

Minggu, 30 Juni 2019 | 3:06 pm
Reporter: Winda Camelia
Posted by: Darul Kutni
Dibaca: 2623

Baban diringkus personil polsek sekayu sedang menyetrum ikan. Minggu (30/06/2019)

Baban diringkus personil polsek sekayu sedang menyetrum ikan. Minggu (30/06/2019)

MUBA LINTASPE – 
 
Patroli Rutin Reskrim Polsek Sekayu Resor Musi Banyuasin berhasil meringkus satu dari dua tersangka terkait kedapatan menyentrum ikan menggunakan mesin jenset, Jumat (28/06/19) dini hari pukul 02.20 wib. 
 
Polisi meringkusnya karena sudah merusak ekosistem ikan disungai. Penangkapan dilakukan lantaran laporan dari masyarakat yang sudah resah dengan Ulah penyentrum ikan.
 
Martin alias Baban (27) warga desa Bailangu timur kecamatan Sekayu ini tertunduk lesu saat digiring kemapolsek. 
 
Kapolres Muba AKBP Andes Purwanti SE, MM melalui Kapolsek Sekayu berpangkat IPTU Heri Suprianto SH mengatakan tersangka diketahui menyentrum ikan menggunakan jenset. 
 
“Tindakan penangkapan ini tentunya berdasarkan Larangan ilegal fishing yang sudah diatur oleh Undang Undang dan satu dari dua tersangka berhasil kita tangkap. Kita kenakan pasal 84 Undang Undang No.31 tahun 2009 Tentang Perikanan”, beber Kapolsek.
 
Diceritakan Heri, Unit Reskrim melakukan Patroli rutin diperairan Sungai Musi saat ditengah perjalanan personil melihat dua orang sedang menangkap ikan dengan setrum jenset. 
 
Saat patroli reskrim mendekat, keduanya langsung melarikan diri dengan perahu motor boat nya dengan arah yang berlawanan kemudian speed boat patroli langsung berputar kearah perahu motor boat, tersangka pun terus menarik gas motor boat nya dan tidak memperdulikan air yang masuk kedalam perahu motor boat nya sehingga mengakibatkan perahu motor boat tersangka tenggelam.
 
“Keduanya langsung berenang diatas permukaan air menuju pinggiran sungai, Unit reskrim langsung melakukan pengejaran kedalam Hutan. alhasil didapatla tersangka Martin sedangkan A (DPO) berhasil melarikan diri dari kejaran petugas”, terang Heri.
 
Lebih lanjut, kemudian tersangka langsung dibawa kemapolsek bersama barang bukti berupa kayu Bambu yang yang dililit kabal setrum berwarna hitam yang ujungnya terdapat serokan ikan, satu unit perahu motor lengkap dengan mesin dan ikan sungai sebanyak sembilan ekor.
 
Dalam hal ini, Kapolsek menghimbau kepada warga agar tidak melakukan illegal fishing, jika ada yang berani menangkap Ikan baik menggunakan aliran listrik maupun racun aparat akan bertindak tegas menangkap dan mengamankan tersangka.

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.
error: Woi.. Enggak Boleh Copas !!