Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Terbitkan Perbup dan Tambah Anggaran Pencegahan Karhutla

Jumat, 11 Oktober 2019 | 7:38 pm
Reporter: Red.
Posted by: Lintas Peristiwa1
Dibaca: 98
Photo bersama Wabup Muba Beni Hernedi di Gedung Daerah Kab. Siak Prov. Riau,

Photo bersama Wabup Muba Beni Hernedi di Gedung Daerah Kab. Siak Prov. Riau, Jumat (11/10/2019).

Photo bersama Wabup Muba Beni Hernedi di Gedung Daerah Kab. Siak Prov. Riau,
Photo bersama Wabup Muba Beni Hernedi di Gedung Daerah Kab. Siak Prov. Riau, Jumat (11/10/2019).

 

Siak LintasPe –

Persoalan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang melanda Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) sepanjang tahun 2019 ini membuat Bupati Muba Dodi Reza dan Wakil Bupati Muba Beni Hernedi terus mencari solusi agar kejadian tersebut tidak berulang.

Betapa tidak, di tahun 2019 ini terdata ada sebesar 24.129 hektar lahan di Muba yang terbakar, kondisi lahan gambut dan medan yang sulit dijangkau menambah kesulitan tim pemadam untuk memadamkan karhutla.

Tak ingin kondisi ini berulang, Bupati Muba Dodi Reza dan Wakil Bupati Mub Beni Hernedi berencana bakal menerbitkan peraturan melalui Peraturan Bupati yakni tentang pembukaan lahan tanpa bakar sebagai implementasi Permentan Nomor: 05/Permentan/Kb.410/1/201 Tentang Pembukaan dan/atau Pengolahan Lahan Perkebunan Tanpa Membakar.

“Kemudian, penambahan anggaran Rp15 Miliar untuk pengadaan Alat Berat dan Sapras Pengendalian karhutla (Fire Jeep, Excavator, Pompa, Jet sprayer) dan Rp9,5 Miliar untuk pencegahan dan Pengendalian Karhutla,” ungkap Wakil Bupati Muba Beni Hernedi saat menghadiri Bincang Lestari di Balik Asap Kebakaran Hutan dan Lahan di Gedung Daerah Kabupaten Siak Provinsi Riau, Jumat (11/10/2019).

Beni yang juga Ketua Program Informasi dan Komunikasi Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) ini mengungkapkan, selama terjadi Karhutla beberapa waktu belakangan ini tim pemadam karhutla yang terdiri dari Polri dan TNI beserta Pemkab Muba sangat all out bekerja secara maksimal.

“Yang harus kita hindari adalah saling menyalahkan, tim sudah sangat berjibaku memadamkan karhutla,” tegasnya.

Diketahui, kegiatan Bincang Lestari di Balik Asap Kebakaran Hutan dan Lahan ini merupakan rangkaian Pembukaan Siak Bermadah dan Festival Kabupaten Lestari 2019 yang telah dibuka secara resmi oleh Ketum LTKL Dodi Reza yang juga merupakan Bupati Muba.

Dalam kesempatan tersebut juga turut dihadiri Gubernur Riau Syamsuar, Bupati Kabupaten Siak Alfedri, Bupati Kabupaten Sintang Jarot Winarno, Bupati Kabupaten Tulang Bawang Barat Umar Ahmad, dan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesramas Kabupaten Sigi Andi Ilham.(Red.) 

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.