Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Tingkatkan Minat Baca, DPK Muba Gelar Lomba Bercerita dan Pidato Bahasa Inggris

Kamis, 22 Maret 2018 | 3:36 pm
Reporter: Yelli
Posted by: Darul Kutni
Dibaca: 1109

Suasana lomba bercerita tingkat SD dihalaman DPK Muba. Kamis (22/03/2018)

Suasana lomba pidato Bahasa Inggris tingkat SLTA di Aula DPK Muba. Kamis (22/03/2018)

Foto bersama usai pembukaan di halaman DPK Muba. Kamis (22/03/2018)

Muba LintasPe-

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menggelar lomba bercerita tingkat Sekolah Dasar (SD) dan lomba pidato bahasa inggris tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) se-Kabupaten Muba di Aula setempat. Kamis (22/03/2018).

Lomba dengan mengusung tema “Menumbuhkan Kecintaan Terhadap Budaya Daerah dan Mewujudkan Generasi Yang Mampu Bersaing di era Globalisasi Menuju Muba Berjaya Tahun 2022” ini dibuka secara resmi oleh Plt Bupati Muba diwakili oleh Asisten III Administrasi Umum H. Ibnu Saad S.Sos, M.Si.

Dalam sambutannya, Ia menyampaikan bahwa kegiatan lomba yang dilaksanakan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan minat baca dikalangan pelajar dan meningkatkan kecintaan terhadap budaya daerah serta meningkatkan intelegensi pelajar dalam rangka menghadapi persaingan global.

“Upaya Pemerintah Daerah melalui DPK Muba ini patut mendapat apresiasi dari semua pihak karena secara umum Indonesia menempati urutan ke-60 pada tahun 2016 terendah didunia dalam hal minat baca. Namun dengan adanya kegiatan yang cukup inspiratif ini perlahan tapi pasti, kami yakin dan pasti di Kabupaten Muba khususnya akan tercipta masyarakat yang pembelajar dimana kegiatan membaca kedepan akan menjadi suatu budaya”, ungkapnya.

Lebih lanjut, Program perpustakaan maupun kearsipan adalah urusan wajib Pemerintah Daerah yang harus menjadi prioritas sehingga keberadaan DPK Muba dalam menjalankan programnya harus menjadi perpaduan dan komprehensif dan saling melengkapi sehingga keduanya bisa menjadi pusat pengembangan, pelayanan, pelestarian budaya, menumbuh kembang minat baca.

Berdasarkan pantauan awak media lintaspe, lomba ini diikuti oleh kurang lebih 30 peserta untuk lomba Bercerita yang masing-masing berasal dari siswa Sekolah Dasar (SD) dalam Kabupaten Muba dan Dewan juri yakni Novi Wandani, Dovi Rustam S.Psi, Revindra Irwantoni, Pendongeng Nasional asal Palembang Slamet Nugroho, dan Suliana.

Sedangkan untuk peserta lomba pidato Bahasa Inggris juga diikuti kurang lebih 30 orang siswa dari jenjang SLTA dalam Kabupaten Muba dan sebagai jurinya yakni Ahmad Kartiko, Erda dari SMP N 6 Sekayu, Inda dari Kepala Sekolah SMP N 5 Sekayu, Laksamana Firdaus, dan Hendra Septiadi.

Dalam kesempatan tersebut, panitia penyelenggara sudah menyiapkan trophy dan uang pembinaan untuk juara I sebesar Rp. 1.250.000,- juara II sebesar Rp. 1.000.000,- dan juara III sebesar Rp. 750.000,-. Untuk juara terbaik pertama Lomba Bercerita akan mewakili Kabupaten Muba untuk mengikuti Lomba ke tingkat Provinsi Sumatera Selatan. (Yelli)

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.
error: Woi.. Enggak Boleh Copas !!