Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

TMMD Kodim Muba Resmi Dibuka

Rabu, 10 Juli 2019 | 7:12 pm
Reporter: Winda Camelia
Posted by: lintas peristiwa
Dibaca: 174

Suasana Upacara pembukaan TMMD di desa Bukit sejahtera. Rabu (10/07)

Suasana Upacara pembukaan TMMD di desa Bukit sejahtera. Rabu (10/07)

Suasana foto bersama usai Upacara pembukaan TMMD di desa Bukit sejahtera. Rabu (10/07)

 
 
MUBA LINTASPE-
 
Kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke – 105 tahun 2019 di wilayah Kodim 0401/Muba secara resmi telah di buka. 
 
TMMD yang telah memasuki tahun ke – 40 dibuka secara langsung oleh Bupati Muba H. Dodi Reza Alex Noerdin.
 
Pembukaan TMMD yang dipusatkan di lapangan bola kaki SP3 Desa Bukit Sejahtera Kecamatan Batang Hari Leko ini mengangkat tema “Bersama TMMD Membangun untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”. Rabu (10/07/2019).
 
Bupati Muba selaku inspektur upacara menyampaikan bahwa TMMD pada tahapan yang ke 105 ini, diharapkan betul – betul menyentuh perbaikan kehidupan masyarakat di daerah sehingga dari waktu ke waktu roda perekonomian daerah akan semakin membaik.
 
Menurutnya, kegiatan TMMD yang selama ini telah dilaksanakan di berbagai Kabupaten dan Kota telah di rasakan manfaatnya oleh masyarakat khususnya masyarakat pedesaan. 
 
“Dan keberhasilan ini tentunya tidak terlepas dari peran serta seluruh stakeholders, dan terwujud berkat adanya kerja keras yang ditunjang oleh keterpaduan dan kebersamaan yang semakin akrab serta menguat di antara para penyelenggara kegiatan TMMD tersebut”, kata Bupati.
 
Untuk memaksimalkan pelaksanaan dan pencapaian hasil yang dilaksanakan, sambung orang nomor satu di Muba ini. Maka, dalam setiap pelaksanaan TMMD selalu diupayakan keterlibatan masyarakat mulai tahap perencanaan sampai dengan pelaksanaan dengan memanfaatkan forum komunikasi yang ada di masyarakat.
 
“Untuk mengimbangi keberhasilan dibidang fisik yang membanggakan maka kegiatan non fisik pun senantiasa dilaksanakan secara maksimal hal ini sesuai dengan kesepakatan dalam rakornis TMMD untuk membentuk tim penyuluh terpadu di tingkat kabupaten, yang ditugasi untuk melaksanakan kegiatan non fisik pada setiap kegiatan TMMD ini”, tutur Dodi.
 
Lebih lanjut, sedangkan non fisik diarahkan pada kegiatan yang dapat mengunggah kesadaran bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, apabila sasaran ini tercapai maka akan mendorong terwujudnya keamanan dan ketertiban masyarakat.
 
“Sebagai program lintas sektoral secara terpadu program TMMD dirancang dengan melibatkan TNI, Kementerian/Lembaga, Pemerintahan Non Kementerian dan Pemda serta lapisan masyarakat. Keterpaduan berbagai komponen tersebut akan mampu menyerap aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah karena kegiatan TMMD dilaksanakan dengan mekanisme perencanaan secara bottom up”, tungkasnya.
 
Sementara itu, Dandim 0401/Muba Letkol Arm Muh Saifudin Khoiruzzamani, Ssos dalam laporannya menyampaikan bahwa TMMD ini akan dilaksanakan selama satu bulan penuh sejak tanggal 10 juli hingga 8 agustus 2019 dengan dua kesiapan sasaran yakni sasaran fisik dan non fisik.
 
“Sasaran yang ini dicapai adalah dengan terpeliharanya kesinambungan pembangunan di daerah, lancarnya percepatan pembangunan Pemkab Muba khususnya insfrastruktur jalan, tercapainya kondisi wilayah bebas narkoba dan organisasi terlarang, dan mampu menjadi pusat pengembangan bidang pertanian”, terang Dandim.
 
Dijelaskannya, sasaran fisik yang akan dilaksanakan ini di antaranya pembukaan jalan (P= 5,5 KM x L = 10M), pembuatan badan jalan (P = 13 KM x L = 8 M) , rehap berat jembatan besi (P = 24 KM x L = 14 M, pembuatan gorong-gorong diameter 60 cm dan tembok penahan P = 24 M di 4 titik dan perkerasan jalan gunakan krokos sepanjang P = 1,5 KM x L = 4 M.
 
“Sedangkan sasaran non fisik yakni Baksos berupa pelayanan KB dan pengobatan gratis, pemutaran film perjuangan / sejarah, penyuluhan agama, penyuluhan kesehatan dan gizi, penyuluhan pertanian dan peternakan, penyuluhan bahaya narkoba, penyuluhan radikalisme, pertandingan volly, penyuluhan bela negara”, tambahnya.
 
 

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.