Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Uji Kemampuan Fisik, Kodim 0406/Musirawas Gelar Garjas Periodik I

Jumat, 3 Mei 2019 | 7:14 pm
Reporter: red.rill.Penrem 044/Gapo
Posted by: redaksi
Dibaca: 233
suasana cek kesehatan Garjas Periodik I TA 2019, 

suasana cek kesehatan Garjas Periodik I TA 2019, Kamis (2/5/2019).

suasana cek kesehatan Garjas Periodik I TA 2019, 
suasana cek kesehatan Garjas Periodik I TA 2019, Kamis (2/5/2019).

 

Penrem 044/Gapo, 2 Mei  2019

Ratusan prajurit dan PNS jajaran Kodim 0406/Mura melaksanakan Tes Kesegaran Jasmani (Garjas) Periodik I TA 2019 dalam rangka menjaga dan meningkatkan kemampuan fisik, bertempat di lapangan Eks Kompi Yonif 141/AYJP Kota Lubuklinggau dengan tim penilai langsung dari personel Jasmani Korem 044/Gapo, Kamis (2/5/2019).

Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 0406/Mura Mayor Czi Ayub yang hadir dan mengikuti Tes Garjas Periodik tersebut menyampaikan, bahwa kegiatan Garjas Periodik ini diselenggarakan berdasarkan perintah dari Komando Atas dan merupakan program kerja TNI AD yang harus dilaksanakan oleh seluruh prajurit dan PNS.

Mayor Czi Ayub juga menjelaskan, dalam pelaksanaan Garjas terdapat beberapa tes fisik yang harus diikuti oleh seluruh peserta, diantaranya Samapta A berupa lari 12 menit yang ditentukan sesuai kategori umur, dan tes kesegaran B berupa Pull Up, Sit Up, Longines dan Push Up dengan durasi 1 menit serta Shuttle Run dengan durasi kecepatan waktu.

“Hasil nilai yang didapat antara Samapta A dan nilai rata-rata Samapta B akan digabungkan dan hasilnya dibagi dua. Jika masih terdapat anggota yang nilainya dibawah ketentuan yang telah ditetapkan, maka akan berpengaruh terhadap karier anggota tersebut,” terangnya.

Selain itu, ia menambahkan, mengingat kegiatan Garjas ini merupakan program yang wajib dilaksanakan, kami menghimbau kepada seluruh prajurit dan PNS anggotanya agar selalu membina fisik dengan baik dengan memanfaatkan kegiatan pembinaan fisik yang dilakukan di satuan. “Kami berharap dengan adanya kegiatan Garjas ini, prajurit Kodim 0406/Mura akan terjaga fisiknya sehingga bisa menunjang kegiatan tugas pokok operasional satuan,” harap Pabung.

Sementara itu, Batih Jasrem 044/Gapo Serka Asril Hadi menuturkan, Tes Kesegaran Jasmani bagi prajurit dan PNS TNI ini merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan dua kali dalam setahun, dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kebugaran fisik prajurit maupun PNS TNI, yang sekaligus untuk mengukur kemampuan fisik secara berkala. “Kepada seluruh prajurit dan PNS agar dalam melaksanakan kegiatan selalu menjaga faktor keamanan. Dan melaksanakan kegiatan dengan maksimal sesuai kondisi fisik dan kemampuan masing-masing,” terang Serka Asril.

Batih Jasrem menambahkan, selain Tes Kesegaran Jasmani A dan B, peserta juga akan melaksanakan tes ketangkasan berupa renang militer gaya dada dengan jarak 50 meter.(red.rill.Penrem 044/Gapo)

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.