Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Uji Kesiapan Operasional, Kodim 0403/OKU Gelar Latihan Posko I

Rabu, 19 Juni 2019 | 1:35 pm
Reporter: red.rill.penremgapo
Posted by: Lintas Peristiwa1
Dibaca: 218
Kodim 0403/OKU gelar latihan Posko I tahun 2019
Kodim 0403/OKU gelar latihan Posko I tahun 2019
Kodim 0403/OKU gelar latihan Posko I tahun 2019

 

Penrem 044/Gapo, 19 Juni 2019

Komando Distrik Militer (Kodim) 0403/Ogan komering Ulu (OKU) menggelar latihan Posko I tahun 2019 dengan mengusung tema ”Kodim 0403/OKU melaksanakan operasi bantuan penanggulangan bencana banjir dan tanah longsor di wilayah Kab. OKU, Kab. OKU Timur dan Kab. OKU Selatan dalam rangka penanggulangan bencana alam Korem 044/Gapo” yang digelar di Markas Kodim 0403/OKU Jln. Lintas Tengah Sumatera, Kemelak Baturaja OKU, Rabu (19/6/2019).

Latihan Posko I yang digelar selama tiga hari dari tanggal 19 s.d 21 Juni 2019 ini dibuka langsung oleh Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Arh Sonny Septiono yang diwakili oleh Kepala Seksi Operasi (Kasiops) Korem Mayor Kav Delvi Marico, S.E.. Latihan ini sebagai upaya untuk menyiapkan kekuatan TNI dalam sebuah proses penanganan bencana alam di daerah.

“Latihan Posko merupakan metode latihan taktis tanpa pasukan yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan prosedur hubungan Komandan dan Staf dalam merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan operasi bantuan menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan,” ungkap Kasiops.

“Adapun tujuan dilaksanakannya Latihan Posko ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kesiapan operasional jajaran Kodim 0403/OKU khususnya dalam mengimplementasikan protap-protap yang ada”, jelas Mayor Kav Delvi.

Dalam latihan ini diskenariokan Kodim 0403/OKU melaksanakan operasi bantuan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten OKU, OKU Timur dan OKU Selatan dalam rangka mengurangi dampak bencana alam banjir dan tanah longsor yang sewaktu-waktu dapat terjadi di wilayah tersebut.

“Oleh karena itu, saya minta latihan Posko I ini benar-benar dilaksanakan dengan serius, sungguh-sungguh dan bertanggung jawab disertai harapan setelah mengikuti latihan Posko ini setiap peserta memiliki kemampuan dan kepekaan yang lebih tinggi terhadap setiap jenis bencana yang terjadi di wilayah, serta mampu menganalisa dan mengantisipasi ke depan untuk menentukan tindakan pencegahan dan penanggulangan terhadap potensi ancaman yang dapat terjadi serta mampu mengoperasionalkan  Protap yang sudah ada”, pungkasnya.(red.rill.penremgapo)

 

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.