Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Waka. Kwarcab Buka KMD Kwarran GP Lawet

Sabtu, 23 Maret 2019 | 2:14 pm
Reporter: Red.
Posted by: redaksi
Dibaca: 202
Kakak H Qotrudin M.Si saat memberikan materi pada acara KMD Lawet.

Kakak H Qotrudin M.Si saat memberikan materi pada acara KMD Lawet. Sabtu, (22'03/18)

Pelatih Pusdiklatcab Mentri Melayu Kakak Iptu  Tato Kusudiarto, Kakak H Zulpa, Kakak Malison, Kakak Herwanto, Kakak Wahyudin, stap kwarcab muba kakak wulan sari dan kakak titin saat pembukaan KMD lawet

Pelatih Pusdiklatcab Mentri Melayu Kakak Iptu  Tato Kusudiarto, Kakak H Zulpa, Kakak Malison, Kakak Herwanto, Kakak Wahyudin, stap kwarcab muba kakak wulan sari dan kakak titin saat pembukaan KMD Lawet. Sabtu, (22/03/18)

Kakak Sumadi MS, SE M.Si saat memberikan materi pada acara KMD Lawet.

Kakak Sumadi MS, SE M.Si saat memberikan materi pada acara KMD Lawet. Sabtu, (22'03/18)

“Sejumlah 39 orang ikuti KMD Pramuka Kwarran GP Lawet”

Lawang Wetan Muba LintasPe –

Upacara Pembukaan Kursus Pramuka Mahir Dasar (KMD) Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Lawang Wetan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Musi Banyuasin (Kwarcab GP Muba) berlangsung pagi ini di gedung aula Kantor camat Kecamatan Lawang Wetan (Lawet). Sabtu, (22/03/18)

KMD Siaga diselenggarakan selama 7 hari dimulai tanggal 22 maret samapai dengan tanggal 28 maret tahun 2019, diikuti tiga puluh sembilan (39) orang peserta terdiri dari sembilan belas (19) peserta Putra (Pa) dan dua puluh (20) peserta putri (Pi) utusan gugus depan dalam wilayah kwarran gp lawet dengan sistem menginap dan tidur di tenda selama mengikuti kegiatan kursus.

Acara ini dibuka langsung oleh Ka. Kwarcab GP muba dalam hal ini diwakili oleh Waka. Kwarcab GP Muba Bidang Pembinaan Pramuka Dewasa (Binawasa) Kak H Qotrudin M.Si.

Dalam sambutanya beliau menyampaikan bahwa dengan KMD Siaga ini mampu melahirkan pembina-pembina mahir yang handal dalam pengelolaan peserta didik kesiagaan di kwarran gp lawet.

“Dengan KMD Siaga ini diharapkan mampu melahirkan pembina-pembina mahir yang handal dalam pengelolaan peserta didik kesiagaan di khususnya di kwarran gerakan pramuka lawang wetan, selanjutnya nanti setelah dinyatakan lulus dan menjalani proses sesetah lulus KMD selama beberapa bulan ke depan maka bisa mengikuti Kursus Mahir Pramuka Lanjutan (KML), Kursus Pembina Pramuka Dasar (KPD), Kursus Pembina Pramuka Lanjutan (KPL)”, papar kak H Qotrudin.

Dalam kesempatan ini salah satu pemateri dari kwarcab gp muba Sumadi MS, M.Si menyampaikan materi tentang kebijakan kwartir.

“Kwartir Cabang (Kwarcab) adalah satuan organisasi yang mengelola Gerakan Pramuka di tingkat Kota / Kabupaten. Berdasarkan tingkatan/wilayahnya, Kwarcab berkedudukan di masing-masing Kota/Kabupaten. Pengurus Kwarcab diketuai oleh Ketua Kwarcab (disingkat Ka Kwarcab)”, jelas kak sumadi.

Disampaiknnya juga tetang siapa saja petugas kwarcab, “1. Ketua Kwarcab ditetapkan oleh Musyawarah Cabang (Mucab) untuk masa bakti berikutnya, dan dilantik oleh Ketua Presidium Pimpinan Mucab, 2. Pengurus Kwarcab dibentuk oleh Mucab melalui tim formatur, yang dituangkan dengan Keputusan Tim Formatur Mucab,3. Pengesahan Pengurus Kwarcab ditetapkan dengan Surat Keputusan Ketua Kwarda Gerakan Pramuka untuk masa bakti 5 tahun, 4. Pengukuhan Pengurus Kwarcab dilakukan oleh Ketua Majelis Pembimbing Cabang, 5. Pengurus Kwarcab terdiri atas anggota dewasa putra dan putri, yang disebut Andalan Cabang, 6. Badan Pemeriksa Keuangan yang dibentuk oleh Mucab bertugas memeriksa pertanggung jawaban keuangan kwarcab, yang anggotanya terdiri atas unsur Majelis Pembimbing Cabang, unsur kwarcab, dan unsur kwarran, 7. Pengurus Kwarcab membentuk Bidang yang masing-masing diketuai oleh Wakil Ketua Kwarcab yang beranggotakan Andalan Cabang Urusan, Badan Kelengkapan Kwarcab, yaitu: Dewan Kehormatan, Lembaga Pendidikan Kader Gerakan Pramuka Tingkat Cabang, Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Tingkat Cabang, Pimpinan Saka Tingkat Cabang, Badan Usaha Kwarcab, Satuan Kegiatan. Dalam melaksanakan tugasnya, kwarcab didukung oleh staf kwarcab”, papar kakak sektetaris kwarcab ini.

Sektetaris Kwarcab juga menyampaikan apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab pengurus kwarcab.

“Tugas dan tanggung jawab Pengurus Kwarcab.

1. Memimpin Gerakan Pramuka di cabangnya selama masa bakti kwartir cabang.

2. Melaksanakan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka, melaksanakan Keputusan Musyawarah Nasional, Musyawarah Daerah, Kwartir Daerah dan Keputusan Musyawarah Cabang dan Keputusan Kwartir Cabang.

3. Membina dan membantu kwartir ranting di wilayahnya, termasuk pembinaan gugusdepan dan saka.

4. Mengadakan hubungan dan kerjasama dengan Majelis Pembimbing Cabangnya.

5. Mengadakan hubungan dan kerjasama dengan instansi pemerintah, swasta dan organisasi masyarakat tingkat cabang, yang sesuai dengan tujuan Gerakan Pramuka, dan melaporkan pelaksanaanya kepada Majelis Pembimbing Cabang.

5. Menyampaikan laporan kepada Kwartir Daerah mengenai perkembangan Gerakan Pramuka di cabangnya, dan menyampaikan tembusannya kepada Kwartir Nasional dan Mabicab.

6. Menyampaikan Laporan Pertanggung jawaban Kwartir Cabang kepada Musyawarah Cabang, dan menyampaikan tembusannya kepada Kwartir Daerah dan Kwartir Nasional sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

7. Membuat laporan tahunan termasuk laporan keuangan untuk disampaikan kepada Majelis Pembimbing Cabang dan Rapat Kerja Cabang.

8. Dalam melaksanakan tugasnya kwartir cabang bertanggung jawab kepada Musyawarah Cabang”, Demikan disampaikannya beberapa tugas pengurus kwarcab oleh kakak sumadi.

Bertindak selaku Pimpinan Kursus (Pinsus) kali ini adalah kakak Sarmidi AMa. Pd. yang merupakan salah satu andalan kwarcab muba urusan binawasa Pusdiklatcab Mentri Melayu.

Hadir dalam acara tersebut sebagai Ketua Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pramuka Cabang (Ka. Pusdiklatcab) Kakak Juli Alamsyah, M.Si, Pelatih Pusdiklatcab Mentri Melayu Kakak Jumroati, S.Pd., M.Pd, Kakak Iptu  Tato Kusudiarto, Kakak H Zulpa, Kak Panggeh S.Pd, Kakak Malison, Kakak Herwanto, Kakak Wahyudin, Ketua Dewan Kerja Cabang (DKC) Muba Kak Gading Arsadi, stap kwarcab muba kakak Wulan Sari dan kakak Titin.(red)

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.