Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Harta Warisan Tekhöu Daeli di ulu hao: “Pemdes dan sejumlah lapisan tokoh masyarakat onolimbu, berembuk”

Kamis, 4 Oktober 2018 | 1:46 pm
Reporter: Selamat Harefah
Posted by: Ahmad Jahri
Dibaca: 616

 

NIAS BARAT- SUMBAR, Lintaspe

Terkait laporan dahaena dachi alias Ina Elonius Daeli, disinyalir tentang perampasan tanah warisan di ulu hao yang diperoleh dari pembagian harta warisan peninggalan Tekhöu daeli alias ama zarida daeli (alm). Dimana Harta warisan tersebut telah disepakati oleh musyawarah desa agar di peruntukkan kepada kedua putranya, antara lain; a.) a.n Saradödö daeli alias ama dasa daeli (alm). b. a.n Daliniwaö daeli alias ama elonius daeli (alm).

Pemerintahan desa dan juga di hadiri beberapa tokoh masyarakat, adat, LPM, BPD Serta seluruh peserta musyawarah warga di desa onolimbu telah melaksanakan musyawarah untuk menyatukan gagasan diantara permasalahan di keduabelah pihak, pada jum’at 26/02/16 lalu, di balai desa onolimbu.

Kami sebagai peserta musyawarah sangat menyayangkan ketidakhadiran matias daeli alias ama niati daeli pada saat itu, bahkan para sesepuh desa pun telah mengutus dua orang aparat desa untuk menjemput dirinya dirumah, ternyata dianya tidak berada dirumah.” ujar salah seorang narasumber kepada awak media yang identitasnya tidak mau disebutkan, rabu 03/10/18.

Dilokasi terpisah, keluarga pihak pelapor telah mendengarkan bahkan menyepakati hasil musyawarah yang yelah diperundingkan. beberapa rincian geografis letak tanah sengketa tersebut dengan keterangan beberapa tokoh adat sebagai berikut: Bapak ama isima, Bapak ama tuti daeli, dan, Bapak ama yasri daeli. menyatakan didepan forum tanah tersebut milik Tekhöu daeli alias ama zarida daeli (alm) telah diwariskan kepada kedua putranya.

Kepada keluarga kedua belah pihak wajib menerima hasil musyawarah desa tersebut. Sehingga berita ini ditayangkan Matias daeli belum bisa konfirmasi. (Selamat Harefah) 

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.