Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

260 Anak Yatim di Muba Terima KIP

Senin, 5 Februari 2018 | 3:00 pm
Reporter: Winda Camelia
Posted by: lintas peristiwa
Dibaca: 681

Foto bersama usai penyerahan KIP-ATM Siswa Yatim Se-kab. Muba dan siswa berprestasi di Stable Berkuda Sekayu. Senin (05/02/2018)

Suasana Kunker Menteri KBPMK RI Ibu Puan Maharani Ke Kab. Muba Dalam Rangka Seminar Pendidikan "Peran Guru Dalam Pembangunan Karakter Bangsa" dan Pemberian KIP-ATM Siswa Yatim Se-kab Muba. Senin (05/02/2018)

Menteri KBPMK RI Ibu Puan Maharani saat memberikan kata sambutan di Stable Berkuda Sekayu. Senin (05/02/2018)

Pemberian Kartu Indonesia Pintar (KIP-ATM) Siswa Yatim Se-kab. Muba secara simbolis oleh Menteri KBPMK RI Ibu Puan Maharani. Senin (05/02/2018)

Sekayu Muba LintasPe-
 
Sebanyak 260 anak-anak yatim di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) dalam Kunjungan Kerja Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Ibu Puan Maharani ke Muba dalam rangka Seminar Pendidikan yang merujuk tema Peran Guru Dalam Pembangunan Karakter Bangsa, di Stable Berkuda Sekayu. Senin (05/02/2018).
 
“Tahun ini, sebanyak 19, 7 anak-anak sekolah yang ada di Indonesia termasuk anak-anak yatim, panti asuhan dan anak-anak yang mengikuti paket A dan C diberikan KIP. Bagi anak-anak yang menerima KIP, untuk anak SD setiap setahun sekali dibuku tabungannya akan mendapatkan uang sebesar 450 ribu, anak SMP sebesar 750 ribu, dan anak SMA/SMK sebesar 1 juta”, ujar Ibu Puan Maharani.
 
Lebih lanjut, KIP ini diberikan karena negara mempunyai tangung jawab serta memenuhi kewajiban untuk bisa memberikan pendidikan kepada anak-anak yang tidak mampu untuk bisa sekolah. Untuk itu, Ia berharap uang bantuan ini harus digunakan sebaik-baiknya untuk keperluan sekolah. Saat kenaikan kelas, digunakan untuk membeli seragam, sepatu, tas, dan buku-buku. “Gunakan lah uang tersebut dengan bermanfaat, uang ditabungan tidak usah di ambil semua, dipakai sesuai keperluan saja, karena uang itu akan tetap ada di bank. Namun, jika ditemukan uang tersebut tidak digunakan dengan sebaik-baiknya, akan kami cabut KIP ini”, tegas Ibu Menko PMK RI asli dari Muara Enim ini.
 
Dalam kesempatan itu juga, ia mengucapkan terima kasih kepada guru-guru yang ada di Indonesia karena telah memberikan pendidikan kepada anak-anak. “Kami akan terus bersinergi dengan pemerintahan pusat dan pemerintah daerah agar pendidikan di Indonesia bisa semakin lebih baik dari sebelumnya, dan dalam hal ini guru berperan sangat penting karena harus menjadi contoh yang tauladan bagi anak-anaknya”, tambahnya.
 
Sementara itu, Bupati Muba, H. Dodi Reza Alex Noerdin dalam laporan menyampaikan bahwa Kabupaten Muba  dalam bidang pendidikan mempunyai visi yaitu terselenggaranya pelayanan prima pendidikan dalam rangka membentuk insan yang cerdas, kompetitif dan berkarakter dengan melaksanakan misi meningkatkan ketersediaan dan keterjangkauan layanan pendidikan, meningkatkan mutu tenaga pendidik dan kependidikan, menjamin pasca memperoleh palayanan pendidikan.
 
“Pemkab Muba memiliki beberapa kebijakan dalam bidang pendidikan antara lain, peningkatan kualitas dan kemampuan guru yaitu pelatihan di tingkat Kabupaten, Provinsi dan Pusat maupun di Luar Negeri. Penguatan fungsi Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS), pemberian insentif daerah kepada guru PNS, TPP dan pemberian insentif kepada guru terisolir PNS dan Non PNS, juga kebijakan sekolah gratis dan peningkatan sekolah gratis (program yang dipelopori Gubernur Sumsel sejak tahun 2005), penyelengaran uang sekolah yang terisolir kepada siswa SD dan SMP”, ungkapnya.
 
Disampaikannya juga, dimulai tahun ini pengadaan pakaian seragam bagi siswa SD dan SMP, pengadaan buku tulis SD dan SMP, pengadaan buku teks pelajaran siswa SD dan SMP, kebijakan peningkatan infrastruktur sarana dan prasarana sekolah yang meliputi rehab gedung gedung TK, SD atau Madrasah Iftidayah, SMP atau MTS, pendirian unit sekolah baru, ruang kelas baru, pengadaan laboraturium, perpustakaan buku penunjang dan kelengkapannya, serta meningkatkan perluasan jaringan kemitraan melalui kerja sama dengan Putera Sampoerna Foundation School Development Outreach dan kerja sama dengan perusahaan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Muba. (WindaC)
 
 
 
 

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.