Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Data ODCB TIM DAPOBUD Dikbud Muba Sambangi Desa Teluk Kijing

Selasa, 4 Mei 2021 | 1:24 pm
Reporter: Tim
Posted by: zoel fikar
Dibaca: 7

Pendataan Objek Diduga Cagar Budaya, Struktur Candi di desa Teluk Kijing

Pendataan Objek Diduga Cagar Budaya yang ada di masyarakat desa Teluk Kijing

Guna mendata Objek Diduga Cagar Budaya, Tim Data Pokok Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Musi Banyuasin melakukan pendataan ke Desa Teluk Kijing Kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuasin Selasa 02/03/2021.

Tim Data Pokok Kebudayaan teersebut bertugas melaksanakan pendataan meliputi pencatatan, pengukuran dan pendokumentasian Objek-objek diduga cagar budaya yang ada di Desa Teluk Kijing.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Musi Banyuasin, Musni Wijaya, S.Sos.,M.Si melalui Kabid Kebudayaan Muardi, S.Pd.,MM Menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan langkah nyata Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin untuk melindungi objek-objek yang diduga cagar budaya agar bisa didata, didokumentasikan, untuk selanjutnya dilestarikan.

“Tim ini bertugas melakukan pendataan, yaitu melakukan pencatatan terkait data-data objek yang diduga cagar budaya, melakukan pendokumentasian baik itu berupa foto maupun video, serta melakukan pengukuran terhadap benda-benda,situs ataupun bangunan-bangunan yang diduga objek cagar budaya untuk kemudian kita daftarkan ke Aplikasi Data Pokok Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayan.” Jelasnya.

Beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan ini sejalan dengan program Nasional untuk mendata Objek-objek yang diduga cagar budaya di tingkat Nasional.

“Hasil dari pencatatan dan pendokumentasian tersebut nantinya akan didaftarkan dalam data pokok kebudayaan atau Dapobud dan data tersebut nantinya akan mempermudah tim ahli cagar budaya untuk melaksanakan penelitian.” Ungkapnya.

Meilani, S.Pd., M.Pd. yang merupakan salah seorang anggota tim pendataan, ketika ditemui awak media menyampaikan, bahwa tim nya melakukan pendataan Objek-Objek diduga Cagar Budaya meliputi ODCB Benda, Situs, Bangunan dan Struktur.

“Hari ini kami melakukan pendataan beberapa objek yang diduga cagar budaya diantaranya bekas struktur yang diduga candi, meja batu, keris, dan guci. Untuk selanjutnya kami juga akan melakukan pendataan terhadap ODCB Benda, Situs, Bangunan dan Struktur yang ada di Kabupaten Musi Banyuasin”.Ungkapnya

Selain itu, lani juga berharap dukungan masyarakat terhadap kegiatan pendataan ini, dengan cara memberikan informasi terkait keberadaan benda-benda atau objek yang diduga cagar budaya yang ada di masyarakat.

“Kami berharap masyarakat dapat mendukung kegiatan ini, dengan memberikan informasi terkait keberadaan benda-benda yang diduga cagar budaya, karena benda-benda tersebut merupakan aset kekayaan daerah yang harus dilindungi dan dilestarikan.” Tutupnya.

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.
error: Woi.. Enggak Boleh Copas !!