Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

SMAN 2 Tungkal Jaya Kembangkan Bakat dan Minat Bidang Jurnalistik “Ekskul Jurnalistik Edelweiss”

Sabtu, 14 November 2020 | 8:40 pm
Reporter: red.Tito Nurdiyanto
Posted by: Admin
Dibaca: 731
giat Ekstrakurikuler  jurnalistik Lensa Edelweiss di SMA Negeri 2 Tungkal Jaya 

giat Ekstrakurikuler  jurnalistik Lensa Edelweiss di SMA Negeri 2 Tungkal Jaya 

giat Ekstrakurikuler  jurnalistik Lensa Edelweiss di SMA Negeri 2 Tungkal Jaya 
giat Ekstrakurikuler  jurnalistik Lensa Edelweiss di SMA Negeri 2 Tungkal Jaya

TUNGKAL JAYA MUBA, SUMSEL, LINTASPERISTIWA.COM, – Pesatnya kemajuan media informasi dewasa ini cukup memberikan kemajuan yang signifikan. Media cetak maupun elektronik pun saling bersaing kecepatan sehingga tidak ayal jika si pemburu berita dituntut kreativitasnya dalam penyampaian informasi. Penguasaan dasar-dasar pengetahuan jurnalistik merupakan modal yang amat penting manakala kita terjun di dunia ini. Keberadaan media tidak lagi sebatas penyampai informasi yang aktual kepada masyarakat, tapi media juga mempunyai tanggung jawab yang berat dalam menampilkan fakta-fakta untuk selalu bertindak objektif dalam setiap pemberitaannya.

Jurnalistik menjadi hal penting di era ini. Jurnalistik adalah ilmu yang akrab dengan masyarakat sehari-hari. Ia ada di televisi, majalah, koran, radio dan internet. Jurnalistik dengan kelenturannya juga dapat menjadi bagian penting di berbagai disiplin ilmu. Ia tidak hanya mengasah kemampuan keterampilan menulis bagi orang yang mempelajari jurnalistik,namun lebih jauh mengajak orang untuk berfikir lebih dalam, bagi orang yang mempelajarinya.

Di SMA Negeri 2 Tungkal Jaya, ekstrakurikuler jurnalistik pun telah ada. Ekstrakurikuler ini dibentuk pada tanggal 21 Juli 2020 di SMA Negeri 2 Tungkal Jaya atas prakarsa dan dibimbing oleh Tito Nurdiyanto, S.Pd., Gr. dengan nama 'Lensa Edelweiss – Ekstrakurikuler Jurnalistik SMA Negeri 2 Tungkal Jaya'. Pada hari Sabtu, 14 November 2020, telahdilakukan pembahasan AD/ADT, serta penetapan tugas dan jabatan anggota Lensa Edelweiss ini untuk pertama kalinya.

Penetapan tugas dan jabatan anggota Lensa Edelweiss dimulai pukul 13.00 s.d. 16.00 WIB yang melibatkan peserta didik dari kelas XII, XI dan X, berbarengan dengan mengikuti Kegiatan Workshop Jurnalistik Milenial Batch 1 yang diadakan oleh Kemendikbud dengan namasumber Subroto (Redaktur Pelaksana Republika), Rusprita Putri Utami (Puspeka Kemendikbud), dan Yogi Ardi (Redaktur Pelaksana Republika) via zoom meeting.

Kepala SMA Negeri 2 Tungkal Jaya, Mustain, S.Pd., MM., menyambut baik dan sangat antusias dengan adanya ekskul baru ini. Beliau mengatakan bahwa peserta didik SMA Negeri 2 Tungkal Jaya sangat banyak yang memiliki bakat di bidang kepenulisan, fotografi, dan videografi.

Diharapkan ekskul ini dapat mengasah bakat dan minat mereka untuk meningkatkan kemampuan literasi dan mendukung kemajuan SMA Negeri 2 Tungkal Jaya.

Pembina esktrakurikuler ini, Tito mengatakan bahwa peserta didik sangat antusian bergabung dengan ekskul ini, meskipun ini perdana dibentuk dan di masa pandemi COVID-19 ini.

Tujuan dibentuknya esktrakurikuler jurnalistik Lensa Edelweiss ini adalah membantu sekolah sebagi media promosi, sebagai wadah mengasah keterampilan peserta didik di bidang jurnalistik dan sebagai media bersuara warga sekolah.
Kepengurusan perdana dan pertama untuk Lensa Edelweiss Periode 2020/2021 terdiri dari Pimpinan Redaksi Umum (Joko Bintoro), Wakil Pimpinan Redaksi Umum (Hamzah Fansuri), Sekretaris Umum (Susan Meiliasari), Redaktur Pelaksana (Diah Putri Nurdiyanti), Koordinator Liputan (Selvi Anggia Pratiwi), Reporter (Anni Sahul Khasanah), Fotografer (Petra Melki Sedek), Riset, Pustaka & Dokumentasi (Safna Ira Meilani), Desain Grafis (Feri Nur Rohman), Humas & Publiser (Krisna Julius Pratama), dan anggota lainnya dari Kelas XII, XI, dan X.

giat Ekstrakurikuler  jurnalistik Lensa Edelweiss di SMA Negeri 2 Tungkal Jaya 
giat Ekstrakurikuler  jurnalistik Lensa Edelweiss di SMA Negeri 2 Tungkal Jaya

Target ekstrakurikuler jurnalistik Lensa Edelweiss adalah menerbitkan majalah dinding atau buletin sekolah serta akun media sosial sebagai media promosi sekolah, meng-upgrade mading sekolah berbasis info jurnalistik, diskusi pelatihan, kepemimpinan dan public speaking, mengadakan pelatihan liputan, broadcast maupun reportase kegiatan sekolah, mengadakan pembelajaran komputer mengenai cara-cara penulisan yang baik dan editing foto dan video, terlibat secara langsung dalam mendokumentasikan kegiatan sekolah maupun masyarakat, engadakan kerja sama yang intens dengan seluruh organisasi dan ekskul di SMA Negeri 2 Tungkal Jaya.

Prestasi yang pernah diraih adalah Juara Umum Hari Pahlawan Kwarran Tungkal Jaya bersama Pramuka SMA Negeri 2 Tungkal Jaya secara online, Terbaik 8 Baca Puisi Virtual SUMEKS se-Sumatera Selatan, Kreator Promosi Profil Bumi Perkemahan Pandu Kinasih Sumber Harum dan Desa Pramuka ke-2 Indonesia, Video Terbaik Pilihan Juri Lomba Video Penguatan Karakter Kepemudaan Kwarcab Musi Banyuasin, Juara Umum Lomba Bung Karno, dll.

Kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik Lensa Edelweiss di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini dilakukan secara daring dan luring. Dengan terwujudnya kegiatan ekstrakulikuler jurnalistik ini, sekolah mempunyai suatu media penyampaian informasi berupa akun media sosial khusus jurnalistik. Selain itu peserta didik mempunyai wadah tempat berekspresi, dan menuangkan inspirasi. Insya Allah ini menjadi titik awal kemajuan SMA Negeri 2 Tungkal Jaya di bidang jurnalistik. 

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.
error: Woi.. Enggak Boleh Copas !!