Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Kelompok Tani Aceh Besar Pelajari Cara Tanam Pangan Hidroponik

Rabu, 7 Februari 2018 | 9:17 pm
Reporter: Mahdi
Posted by: Darul Kutni
Dibaca: 618

Karo Humas dan Protokol, Mulyadi Nurdin LC. MA. diruang kerjanya. Rabu (07/02/2018)

Karo Humas dan Protokol, Mulyadi Nurdin LC. MA. diruang kerjanya. Rabu (07/02/2018)
 
Banda Aceh LintasPe-
 
Kelompok Tani “Seulanga” asal Gampong Lubok Batee, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar melakukan studi penanaman pangan hidroponik di Komplek Pekarangan Edukadi Pangan, Dinas Ketahanan Pangan Aceh, Banda Aceh. Selasa (6/02/2018).
 
Tak hanya ditanami berbagai jenis sayuran, lokasi itupun di pekarangan tersebut ditanami beberapa jenis sayur, sekaligus menjadi lokasi pemeliharaan ikan lele. Jenis sayur yang ditanam di sana seperti kangkung, sawi, cabai, gambas, labu dan beberapa jenis lainnya.
 
Kedatangan kelompok tani yang beranggotakan 20 perempuan tersebut disambut Kepala Dinas Ketahanan Pangan Aceh, Masnun serta Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh Mulyadi Nurdin.
 
Di sana mereka mendapat penjelasan teknik dasar penanaman hidroponik yang disampaikan Kadis Ketahanan Pangan Aceh, Masnun. Menurut Masnun, teknik tanam hidroponik cukup mudah dipraktikkan oelah para petani, termasuk kaum perempuan.
 
Sementara itu, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, Mulyadi Nurdin mengatakan bahwa kunjungan ini sengaja difasilitasi agar masyarakat paham cara menanam sayur organik dengan tujuan terciptanya kedaulatan pangan Aceh sebagaimana program Pemerintah Aceh.
 
Mulyadi menjelaskan, teknik tanaman hidroponik cocok dikembangkan di gampong-gampong untuk dikelola oleh kaum ibu. Selain menghasilkan sayuran yang sehat, juga sangat menguntungkan dari segi ekonomi. “Hal ini juga bertujuan menjadi alternatif penguatan ekonomi untuk mewujudkan masyarakat sejahtera di tingkat Gampong,” ujar Mulyadi.
 
Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Seulanga, Rosnilawati, mengatakan selama ini para perempuan di desanya masih menggunakan pola tanam tradisional yang membutuhkan tenaga dan perawatan yang tidak semudah sistem hidroponik. “Kami pun teknik tanam hidroponik ini dapat menghasilkan keuntungan yang lebih besar bagi kaum ibu di desanya”, harapnya. (Mahdi)

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.