Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Koramil 418-02/Pakjo dan Polsek Lakukan Pengamanan Gereja Guna Ciptakan Rasa Aman Bagi Umat Nasrani Yang Sedang Beribadah

Senin, 28 Mei 2018 | 1:34 pm
Reporter: Red. Penrem 044/Gapo 
Posted by: redaksi
Dibaca: 356
Peningkatan status pengamanan ini dilakukan mengingat telah terjadinya aksi teror disejumlah Gereja di Surabaya.

Peningkatan status pengamanan ini dilakukan mengingat telah terjadinya aksi teror disejumlah Gereja di Surabaya.

Personel dari Koramil 418-02/Pakjo bersama Polsek Ilir Barat I Palembang hadir dalam rangka pengamanan kebaktian rutin di tiga Gereja yang ada di wilayah binaan. Minggu (27/05/18)

Personel dari Koramil 418-02/Pakjo bersama Polsek Ilir Barat I Palembang hadir dalam rangka pengamanan kebaktian rutin di tiga Gereja yang ada di wilayah binaan. Minggu (27/05/18)

Penrem 044/Gapo LintasPe- 

 

Dalam rangka pemberian pelayanan pengamanan yang terbaik bagi warga masyarakat yang sedang melaksanakan ibadah, pada hari Minggu (27/5) personel dari Koramil 418-02/Pakjo bersama Polsek Ilir Barat I Palembang hadir dalam rangka pengamanan kebaktian rutin di tiga Gereja yang ada di wilayah binaan.

Kegiatan pengamanan tempat ibadah ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi umat Nasrani yang melakukan ibadah, terlebih pasca adanya ancaman teror bom yang terjadi di tiga Gereja terpisah di Surabaya yang mengakibatkan 10 orang korban dan 4 orang terluka. Sejak insiden bom di Surabaya ini, kami dari Koramil 418-02/Pakjo bekerja sama dengan pihak Polri melakukan pengamanan ibadah disetiap Gereja-Gereja yang ada di wilayah Kecamatan Ilir Barat I Palembang.

“Pengamanan yang kami lakukan bersama anggota Polsek Ilir Barat I Palembang di Gereja, dalam rangka untuk memberikan rasa aman serta mencegah munculnya hal-hal yang tidak diinginkan yang mengganggu Kamtibmas,” kata Kapten Inf Fariq Abduh Danramil 418-02/Pakjo.

Pengamanan dilakukan dengan melakukan sterilisasi Gereja terlebih dahulu oleh petugas dari Koramil 418-02/Pakjo dan Polsek Ilir Barat I Palembang yang disaksikan oleh pengurus Gereja. “Walaupun wilayah kami aman dan kondusif, tetap kita berikan pelayanan dan pengamanan  bagi mereka umat Nasrani untuk menjalankan ibadahnya,“ jelasnya.

Menurutnya, peningkatan status pengamanan ini dilakukan mengingat telah terjadinya aksi teror disejumlah Gereja di Surabaya. “Pasca ledakan bom di sejumlah Gereja di Surabaya, kami diintruksikan oleh pimpinan untuk meningkatkan pengamanan di tempat-tempat ibadah dan keramaian masyarakat, termasuk di Gereja yang ada di wilayah tanggung jawab Koramil 418-02/Pakjo,” ujarnya.

Disebutkannya, selain pengamanan Gereja, anggota Koramil 418-02/Pakjo juga dihimbau untuk intensifkan patroli malam bersama. “Kami juga diintruksikan untuk giat melakukan patroli. Apalagi ini bulan Ramadan, kenyamanan kepada masyarakat menjadi prioritas,” pungkas Kapten Fariq, usai melakukan pengamanan  ibadah.

Adapun gereja yang menjadi obyek pengamanan yaitu pertama Gereja Katedral Santa Maria Jln. Dr. Sutomo RT.26 RW.07 Kel. Talang Semut Kec. Bukit Palembang yang memimpin Misa/ Ibadah Pastor Hastono Scy dan Pastor Petrus Sukino PR dengan tema Hari Raya Tri Tunggal Maha Kudus, dan jumlah Jemaat sekitar 450 orang. Kedua Gereja Sidang Jamaat Jln. Riau RT.02 RW.05 Kel. 26 Ilir D1 Kec. Ilir Barat I Palembang, pimpinan Majelis Pendeta Jantje Turang, dengan tema  Cara Hidup Jamaat Yang Pertama yang diikuti sekitar 150 orang jemaat. Ketiga Gereja Penyebaran Injil Jln. Padang Selasa RT.72 RW.11 Kel. Bukit Lama Kec. Ilir Barat I Kota Palembang pimpinan Pendeta H.L. Siahaan, dengan tema Perayaan 70 Tahun Gereja yang diikuti sekitar 95 orang jemaat. (Red. Penrem 044/Gapo)

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.