Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

LEGMAS-PELHUT Bersama Pemuda Jebang Tinjau Bukit Pendape Lestari

Kamis, 24 September 2020 | 9:24 pm
Reporter: red
Posted by: Darul Kutni
Dibaca: 132
Red. Ketua LEGMAS-PELHUT Suharto Bersama Pemuda Jebang Tinjau Bukit Pendape Lestari.

Red. Ketua LEGMAS-PELHUT Suharto Bersama Pemuda Jebang Tinjau Bukit Pendape Lestari.

Red. Ketua LEGMAS-PELHUT Suharto Bersama Pemuda Jebang Tinjau Bukit Pendape Lestari.
Red. Ketua LEGMAS-PELHUT Suharto Bersama Pemuda Jebang Tinjau Bukit Pendape Lestari.

LINTASPERISTIWA.COM, –
MUBA, SUMSEL,

Wisata hutan Bukit Pendape Lestari yang terletak di kawasan hutan KPH wilayah XIII benakat tepatnya didusun 4 Jebang desa Keramat Jaya, Kecamatan Jirak Jaya, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menjadi harapan besar masyarakat, karena kedepan akan menjadi objek Wisata baru yang kaya dengan nilai budaya sport wisata dan habitat langkah seperti pohon onglen/ulin sering juga disebut kayu besi memiliki nilai karena kelangkaannya, yang sekarang hampir punah.

Dengan ketinggian bukit kurang-lebih 170 MDPL dari kaki Bukit itu, memiliki nilai budaya dan sport wisata alam, sehingga dalam kawasan itu beragam keunikan dan nilai budaya daerah serta habitat langkah.

Saat ini wisata alam bukit pendape didatang hampir ratusan pengunjung baik dari luar daerah maupun masyarakat Muba sendiri sehingga objek wisata hutan tersebut ramai apa lagi pada saat hari libur. 

Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Selatan melalui Unit PelaksanaTeknis Daerah (UPTD) KPH Wilayah XII Benakat Neneng bersama timnya dan didampingi Lembaga Gerakan Masyarakat Peduli Lingkungan dan Hutan (LEGMAS PELHUT) kabupaten Musi Banyuasin serta para pemuda jebang melakukan peninjauan langsung guna pemetaan sport wisata di Hutan Bukit Pendape Lestri yang berjalan selama tiga hari mulai dari, Jum’at, (18/9/2020) sampai dengan hari minggu (20/9/2020).

Di samping pemetaan guna mencari sport wisata, Neneng yang didampingi ketua Lembaga Gerakan Masyarakat Peduli Lingkungan dan Hutan (LEGMAS-PELHUT) Muba Suharto beserta rombongan juga mengadakan sosialisasi tentang wisata hutan sekaligus menampung asfirasi para pemuda jebang agar lebih memahami lagi tujuan dan pengertian wisata hutan.

Bukan itu saja tim mengajak para muda mudi toko masyarakat, termasuk kelompok tani hutan dan perangkat desa Kramat Jaya agar tidak melakukan ilegal loging, membakar hutan dan lahan, serta harus selalu mensosialisasikan taat pertokol kepada para pengunjung wisata agar terhindar dari covid 19.

Perlu diketahui, Bukit Pendape Lestari memiliki beragam nilai budaya dan sport wisata, seperti, Gua Putri, air Terjun, Sungai Dinding Batu Belah, Bukit batu kapur juga Kampung onglen (kayu belian) serta pohon aren, terdapat Sialang Batu atau pohon besar yang tumbuh diatas batu, serta Kolam kehidupan yang ditengahnya terdapat batu besar dan konon kabarnya batu ini digunakan orang sakti untuk bersemedi, karena disekitar itu terdapat bekas pinjakan kaki yang lebar atau istilah bahasa budayanya (tapak Libok) serta makam puyang selendang balik papan. (red.)

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.
error: Woi.. Enggak Boleh Copas !!