Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Jadi Relawan Pengawas Partisipatif, Bisa dapat sepeda motor

Senin, 11 Desember 2017 | 8:15 am
Reporter: WindaC
Posted by: Lintas Peristiwa
Dibaca: 617

Sekayu Musi Banyuasin LintasPe –

Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) akan hadiahi sepeda motor kepada masyarakat yang berhasil membawa kasus ataupun temuan pelanggaran tindak pidana pemilu atau politik uang sampai terbukti dipengadilan. Hal ini disampaikan oleh anggota Bawaslu Provinsi Sumsel, Iin Irwanto ST. MM. dalam sambutannya pada acara sosialisasi tatap muka dengan stakeholder dan masyarakat Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2018 di Meeting Room Hotel Ranggonang. Senin (11/12/2017) sekitar pukul 10.00 Wib.
 
Dikatakannya, Bawaslu Provinsi Sumsel sangat membutuhkan pengawas partisipatif yakni kerelawanan (tidak digaji) dari masyarakat untuk membantu nya. “Apabila ada masyarakat mendapatkan temuan pelanggaran tindak pidana pemilu maka Bawaslu Provinsi Sumsel menjanjikan hadiah motor kepada masyarakat yang berhasil melaporkan tindak pidana tersebut sampai putusan pengadilan. Ini adalah langkah kita dalam rangka menjaga kualitas pemilu”, ucapnya.
 
Tahun 2018, sambungnya. Sebelum bulan Juli Bawaslu Sumsel akan membentuk Bawaslu Kabupaten/Kota, dan juga seleksi anggota Bawaslu Provinsi Sumsel.  “Kami akan adakan seleksi anggota Bawaslu Provinsi Sumsel untuk menambah dua orang anggota lagi, dan yang berpeluang besar untuk kaum perempuan”, bebernya.
 
Menurutnya, Ini adalah tanggung jawab bersama, dengan bahu- membahu bekerja sama mengajak rakyat untuk menyukseskan pemilu ini. “Saya berharap juga kepada penyelenggara Panwaslu dan KPU Kabupaten Muba kira nya nanti dapat bekerja secara profesional, berintegritas, jujur dan adil agar Pemilukada berjalan dengan aman dan damai”, harapnya.
 
Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Muba H. Soleh Naim dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemilukada serentak 2018 di Provinsi Sumatera Selatan hanya tinggal beberapa hari lagi, mengingat semakin dekatnya Pemilukada tersebut, ia mengajak kepada seluruh masyarakat Muba untuk turut serta berperan aktif dan pemerintah siap membantu serta berkoordinasi dengan KPUD dalam rangka suksesnya Pemilukada Sumsel 2018.
 
“Proses demokrasi harus berjalan sesuai dengan aturan dan mekanismenya, dan memastikan tidak akan ada intervensi apapun serta berharap semua stakeholders dapat menjaga suasana yang sudah kondusif sampai seluruh tahapan Pemilukada ini selesai. Hal ini menjadi penting mengingat ditahun 2018 kita juga akan melaksanakan pemilihan presiden dan wakil presiden”, terangnya.
 
Kemudian, sambungnya. Menjaga netralitas adalah kata kunci dari sebuah proses politik agar dapat berjalan dengan demokratis dan bersih serta mampu melahirkan kepemimpinan yang berkualitas. “Untuk itu, saya berharap kepada semua stakeholders agar menjaga netralitas dan integritas sebagai penyelenggara Pemilukada 2018 serta berpegang sesuai aturan dan mekanisme yang telah ditentukan”,  harapnya. (WindaC).

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.