Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Kodim 0418/Palembang Siap Amankan Asian Games 2018 Dan Pilkada Serentak

Selasa, 5 Juni 2018 | 4:46 pm
Reporter: Red. Penrem 044/Gapo 
Posted by: Darul Kutni
Dibaca: 110
Kodim 0418/Palembang

Rapat Satuan Komando wilayah Kodim 0418/Palembang berkomitmen untuk menciptakan situasi dan kondisi keamanan wilayah yang kondusif.

Kodim 0418/Palembang

Pelaksanaan operasi penanganan konflik sosial di wilayah  Kodim 0418/Palembang  dalam rangka mengatasi gangguan Kamtibmas.

Penrem 044/Gapo LintasPe –

Kondusifitas keamanan wilayah khususnya Palembang menjelang Pilkada dan Asian Games 2018 merupakan bagian dari tanggung jawab TNI sebagai garda terdepan untuk menjamin keutuhan wilayah dari berbagai permasalahan konflik yang mengancam jalannya penyelenggaraan Asian Games 2018 maupun Pilkada. Untuk mewujudkan hal tersebut, Kodim 0418/Palembang selaku satuan Komando Kewilayahan berkomitmen untuk menciptakan situasi dan kondisi keamanan wilayah yang kondusif dengan menyelenggarakan Latihan Posko I Dempo Sakti XLVIII TA. 2018 bertempat di Marakas Kodim 0418/Palembang, Selasa (5/6/2018).

Latihan yang mengambil tema ”Kodim 0418/Palembang melaksanakan operasi penanganan konflik sosial di wilayah Kota Palembang dalam rangka mengatasi gangguan Kamtibmas di wilayah”, Kodim 0418/Palembang diharapkan mampu dan siap dalam memberikan bantuan kepada pemerintah daerah maupun Polri untuk menanggulangi aksi masa maupun konflik komunal yang diakibatkan dari adanya situasi dan kondisi politik serta penyelenggaraan Asian Games yang kurang baik.

Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Inf  Iman Budiman, S.E. dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kepala Staf Korem Letkol Inf M. Sjahroni, S.E. menyampaikan, latihan di tingkat Kodim ini merupakan kegiatan yang mutlak dilaksanakan, guna mengetahui sejauh mana prosedur hubungan komunikasi antara Komandan dan Staf apabila dihadapkan dengan situasi wilayah yang berkembang. “Latihan Posko I ini dilaksanakan secara sistematis mulai dari perencanaan, persiapan, dan pelaksanaan operasi dalam mengatasi konflik sosial maupun ketegangan dan kerusuhan yang timbul akibat dampak situasi dan kondisi politik di wilayahnya maupun olah suporter dalam perhelatan Asian Games,” terangnya.

Lebih lanjut, Danrem menyampaikan bahwa dalam latihan ini, disimulasikan pula tindakan yang harus di ambil Komando dan Staf Kodim dalam rangka memberikan bantuan keamanan kepada Polri dan Pemerintah Daerah yang di gelar melalui komunikasi antar Staf tanpa melangkahi prosedur yang harus diterapkan di lapangan sehingga dapat terwujud sinergitas antara TNI/Polri dan Pemerintah Daerah dalam mengantisipasi setiap gangguan keamanan yang timbul. “Untuk mengamankan Pilkada Serentak dan Asian Games nantinya, TNI dalam hal Ini Korem 044/Gapo beserta jajaran akan serius dan terus berkordinasi dengan pihak Kepolisian dan Pemda di setiap wilayah, sehingga jalannya Pilkada dan Asian Games mulai dari awal hingga akhir semuanya akan berjalan dengan aman terkendali,” urai Danrem.

Selain itu, Kolonel Budiman menegaskan, bahwa Korem 044/Gapo beserta jajarannya berkomitmen dalam menjalankan tugas dan kesiapan prajurit serta satuan dalam mengamankan penyelengaraan Pilkada Serentak dan event Asian Games 2018. “Saya berharap dalam latihan ini akan dapat meningkatkan kemampuan yang profesional bagi seluruh prajurit Kodim 0418/Palembang untuk memahami setiap prosedur kerja Staf yang akan diaplikasikan dilapangan demi terwujudnya keberhasilan  pelaksanaan tugas membantu Polri dan Pemda dalam pengamanan Pilkada Serentak maupun Asian Games 2018” jelas Budiman. (Red. Penrem 044/Gapo)

 

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.