Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Tahun 2018, Cita-cita Membuka Terisoliran Infrastruktur Kabupaten Muba Akan Terwujud

Selasa, 16 Januari 2018 | 10:56 pm
Reporter: Winda Camelia
Posted by: Darul Kutni
Dibaca: 766

Bupati Muba H. Dodi Reza Alex Noerdin memberikan kata sambutan di ruang rapat paripurna DPRD Muba. Selasa (16/01/2018)

Penandatanganan Keputusan Bersama DPRD dan Bupati Musi Banyuasin diruang rapat paripurna DPRD kabupaten Muba. Selasa (16/01/2018)

Panitia khusus Yulisman SH sedang membacakan laporan Raperda Pinjaman Daerah di ruang rapat paripurna DPRD Kabupaten Muba. Selaso (16/01/2018)

Sekayu Muba LintasPe –

PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI Persero) dipilih sebagai lembaga peminjam bagi pinjaman daerah Kabupaten Muba, mengingat PT SMI ini adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bawah kementerian keuangan yang fokus pada pembiayaan infrastruktur, memiliki skema dan siklus pembiayaan tidak mengikuti tahun anggaran, memiliki tujuan pembiayaan infrastruktur yang berkelanjutan untuk memperoleh manfaat ekonomi, lingkungan dan sosial serta memiliki fortofolio pinjaman daerah yang kredibel. Demikian disampaikan oleh Panitia Khusus DPRD Kabupaten Muba Yulisman SH dalam Rapat Paripurna Masa Persidangan I Rapat Ke-4 dalam rangka Pembacaan Hasil Pembahasan Panitia Khusus DPRD Kabupaten Muba terhadap Raperda Tentang Pinjaman Daerah Kepada PT. SMI di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Muba. Selasa (16/01/2018).

“Pinjaman Daerah Kabupaten Muba bertujuan untuk percepatan pembangunan infrastruktur di Kabupaten Muba, khususnya pembangunan, peningkatan dan pelebaran jalan di ruas-ruas strategis guna konektivitas antar wilayah dan membuka keterisoliran desa-desa yang dilalui”, ujarnya.

Dalam hal ini, lanjutnya. Pinjaman daerah akan digunakan untuk pembangunan jembatan dan ruas jalan Daerah yang meliputi peningkatan jalan Tebing Bulang – KM 11 dengan Jirak (Jirak – Talang Mandung dan Jirak – Layan- Bangkit Jaya) – Jembatan Gantung – Talang Simpang – Sp. Rukun Rahayu – Mekar Jaya Kecamatan sepanjang 59,95 KM, pelebaran dan peningkatan Jalan Sukarami – Sp. Sari – Tanah Abang – Said – Sp. Selabu – Dawas – Berlian Makmur (C2) – Jalan Negara Sepanjang 70,56 KM, pembangunan jalan dari Jembatan Lalan (P11) menuju Desa Mekarjadi (B2) – Sp. jalan Negara sepanjang 46,77 KM dan pembangunan dua unit jembatan yang melalui Desa Mendis menuju Desa Muara Medan Kecamatan Bayung Lencir sepanjang 120 M.

“Jumlah pinjaman daerah paling banyak sebesar 450 miliar rupiah, dengan jangka waktu pinjaman daerah selama empat tahun dan besarnya tingkat suku bunga pinjaman daerah adalah sebesar surat berharga Negara dengan tenor setara ditambah 0,75 % dan ketentuan tentang cost overrun dihapus”, ungkap Yulisman.

Dalam kesempatan itu Bupati Muba H Dodi Reza Alex Noerdin dalam sambutannya menyampaikan bahwa pengesahan Perda hari ini adalah syarat terakhir untuk segera digelontorkan dana 450 miliar rupiah itu itu untuk digunakan untuk pembangunan jembatan dan ruas jalan Daerah diKabupaten Muba.

“Ini adalah kerja keras kita semua, tidak mudah suatu daerah untuk mendapatkan kepercayaan dari pemerintah (BUMN) kementerian keuangan sebagai lembaga pembiayaan resmi, untuk dapat dipercaya mengelolah, memakai dan menggunakan dana besar tersebut untuk pembangunan”, ungkapnya.

Dikatakannya, banyak daerah lain yang telah lama mengusulkan dan juga mengajukan dana SMI tersebut selama bertahun tahun, karena APBD nya tidak mampu membiayai bangunan infrastruktur secara serentak dan cepat, tetapi beberapa kali pula mereka dikatakan tidak memenuhi syarat.

“Oleh karena itu, selayaknya kita bersyukur kepada allah swt karena kemampuan dari Muba, kemampuan fiskal yang dimintakan oleh pemerintah pusat itu bisa kita penuhi sehingga kita sudah mendapatkan penawaran fasilitas pembiayaan dari SMI untuk digunakan semampu kita dalam membangun infrastruktur”, ujarnya.

Lebih lanjut, lni berkah pembangunan luar biasa bagi Kabupaten Muba sehingga cita-cita membuka terisoliran infrastruktur di Kabupaten Muba akan terwujud di tahun 2018. (WindaC).

Dikirim dari iPhone saya

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.