Lintas Peristiwa
NEWS TICKER

Uji Coba Penggunaan Bios 44 di Maluku Sudah Menunjukkan Hasil.

Jumat, 26 Januari 2018 | 10:18 pm
Reporter: Red
Posted by: lintas peristiwa
Dibaca: 542

pada uji coba yang dilakukan pada tanaman yang ada di Markas Yonif Raider 733/Msk, Ambon, Maluku dengan hasil tanaman yang disiram dengan Bios 44. Jumat (25/01/2018)

Tanaman tanpa Bios 44. Jumat (25/01/2018)

Maluku LintasPe-

Setelah menerima sosialisasi tentang Bios 44 langsung oleh Tim Gator Korem 044/Gapo yang dipimpin oleh Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo, S.IP beberapa saat yang lalu di satuan jajaran Kodam XVI/Pattimura. Kini hasil uji coba terhadap budidaya ikan dan tanaman dengan menggunakan Bios 44 telah terlihat hasilnya. Jumat (26/01/2018).

Uji coba yang dilakukan adalah terhadap budidaya ikan di keramba ikan Waiheru Ambon Maluku membuahkan hasil, kolam ikan yang diberi formula Bios 44 ikan lebih agresif dan napsu makan bertambah, pertumbuhan ikan lebih baik dan cepat serta tahan tehadap kondisi alam sehingga tahan terhadap penyakit. Sedangkan kolam yang tidak diberi Bios 44 nafsu makan ikan kurang dan tidak agresif, pertumbuhan ikan lambat dan mudah terserang bakteri atau penyakit.

Sementara itu, pada uji coba yang dilakukan pada tanaman yang ada di Markas Yonif Raider 733/Msk, Ambon, Maluku dengan hasil tanaman yang disiram dengan Bios 44 terdapat perubahan yang sangat signifikan yaitu tanaman yang tadinya kering tumbuh tunas baru, tanaman tumbuh lebih segar serta memiliki daun lebih hijau dan tebal, batang pada tanaman semakin sehat dan tumbuh lebih cepat dan daun yang sebelumnya keriting menjadi normal. Sedangkan tanaman yang tidak diberi Bios 44 pertumbuhannya lambat, daun tanaman tampak kuning dan layu serta batang pada tanaman tidak terjadi perubahan.

Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo, S.IP. melalui Kepala Seksi Operasi (Kasiops) Korem 044/Gapo Mayor Inf Andik Siswanto, S.IP., M.IPol, mengatakan, bahwa dengan hasil uji coba penggunaan Bios 44 pada kolan ikan dan tanaman tersebut, membuktikan bahwa Bios 44 yang pada mulanya inovasi yang digunakan untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan khususnya lahan gambut di wilayah Sumatera Selatan, kini telah berkembang yang dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas di sektor pertanian, perikanan maupun perkebunan. “Dengan uji coba penggunaan Bios 44 pada kolam ikan keramba dan tanaman telah menunjukan hasil, maka Bios 44 ini akan terus dikembangkan di wilayah Kodam XVI/Pattimura,” terangnya.

Lebih lanjut Kasiops menyampaikan, bahwa pengembangan Bios 44 di wilayah Kodam XVI/Pattimura Ambon Maluku ini telah dimulai dengan membuat formulasi Bios 44 yang dikembangkan di Makorem 151/Binaiya Ambon Maluku dan di Mako Yonif Raider 733/Msk yang nantinya akan diberikan kepada masyarakat dalam mengembangkan budidaya ikan dan tanaman padi maupun perkebunan, “pungkasnya. (Red)

Berita Lainnya

PT. Multi Media Informatika Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.